Scroll to Top

FB Bocorkan 6 Juta Data Email dan Telepon Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 22 Jun 2013

Facebook

Tatkala terjadi bug, Facebook akui telah bocorkan 6 juta data pengguna terkait alamat email dan nomor telepon mereka. Namun data-data ini terekspos secara tidak sengaja.

Pada fitur ‘Download Your Information’, bug ini terungkap. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengunduh data-data terkait akun pribadinya.

Celakanya, data-data dari akun lain ‘bocor’ dan turut terunduh. Jumlah ‘kecelakan’ ini ditaksir capai 6 juta data. Dan data-data yang ada termasuk alamat email dan nomor telepon pribadi.

Bug yang ditemukan oleh program White Hat ini melibatkan beberapa peneliti dan praktisi internet. Facebook sendiri belum terima keluhan. Tapi, mereka dengan gentle mengakuinya.

Dalam pegumuman mereka Jumat lalu, Facebook akui bug tersebut. Sejauh ini belum ada komplain dari pengguna. Facebook sendiri berjanji akan terus tingkatkan kemanan privasi pengguna.

Tak main-main dengan janjinya itu, Facebook bahkan tawarkan imbalan bagi mereka yang menemukan bug di produk mereka. Imbalan ini bisa berupa uang atau jasa.

Yang patut disyukuri Facebook yakni tidak ada data terkait informasi keuangan. Data-data yang ada bersifat personal dan kontak pribadi macam email atau telepon.

Selain bug ada satu hal lagi yang sejatinya harus jadi perhatian serius Facebook. Ancaman malware misalnya. Terlebih, modus kejahatan siber ini semakin berkecambah dan tumbuh subur.

Terakhir, Facebook malware terbaru mencoba mengelabui pengguna via email. Itu hanya satu contoh kecil. Dikedepannya malware-malware baru pasti bermunculan seiring dengan popularitas FB yang kian melesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda