Scroll to Top

WhatsApp Aplikasi Pesan Instan Nomor 1, Capai 250 Juta Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 22 Jun 2013

whatsapp

WhatsApp bisa jadi disebut aplikasi pesan instan nomor 1 di dunia. Ganjaran ini bukannya tanpa alasan. Dilaporkan Mashable, WhatsApp kini telah menembus 250 juta pengguna aktif bulanan.

Dengan angka ratusan juta itu WhatsApp bahkan singkirkan nama top lainnya macam Facebook Messenger. The Wall Street Journal menulis jika pengguna WhatsApp  kini hampir sama dengan Skype yang melesat di angka 280 juta pengguna aktif bulanan.

Namun patut diingat jika Skype telah berdiri sejak enam tahun lalu. Sedangkan Facebook sendiri enggan untuk membocorkan jumlah pengguna aktif bulanan yang mereka miliki.

Jika dibandingkan dengan Twitter, rekor WhatsApp sudah ungguli microblogging tersebut. Twitter miliki jumlah pengguna aktif bulanan di angka 200 juta saja.

Beberapa waktu lalu WhatsApp juga umumkan torehan prestasi lain mereka. Misalkan jumlah pesan yang terkirim di angka 27 miliar harian. Padahal, pada bulan April lalu angkanya hanya capai 20 milar bulanan.

Jika dibandingkan denga Facebook dan Twitter, dua jejaring top ini juga ketinggalan. Pada akhir Desember 2012, jumlah pesan terkirim harian mereka hanya di angka 18 miliar.

Rekor demi rekor WhatsApp boleh jadi kebanggaan bagi mereka. Namun, angka-angka di atas adalah mimpi buruk bagi industri telekomunikasi khususnya operator selular (SMS).

Pesan instan telah binasakan secara perlahan tradisi SMS. Budaya berkirim pesan pendek ini kian digemari oleh banyak kalangan. Dengan kata lain, di satu sisi membantu proses telekomunikasi namun di sisi lain membunuh ekosistem yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda