Scroll to Top

Usai Hadapi Timnas Indonesia U-23, Radja Nainggolan Pulang ke Batak

By Aditya / Published on Saturday, 22 Jun 2013

radja nainggolan batak

Setelah memperkuat tim Jakarta All Stars mengalahkan Timnas Indonesia U-23, Radja Nainggolan segera “pulang kampung” ke tanah Batak. Pemain tim nasional Belgia ini mengunjungi Sumatera Utara karena di situlah tempat asal ayahnya, Marianus Nainggolan. Radja Nainggolan sangat ingin mengakrabi budaya masyarakat Batak yang mengalir di dalam darahnya kendati ia bukan terlahir di Batak.

“Saya datang ke Medan untuk mengenal lebih dekat kampung halaman dan budaya Batak. Hanya sedikit yang aku pahami tentang Batak dari ayahku,” ujar Radja Nainggolan di Medan, kemarin.

Radja Nainggolan dengan ditemani istri dan keluarganya mengaku sangat antusias dengan tanah leluhurnya yang baru petama kali ini ia sambangi. Gelandang yang merumput bersama tim Liga Italia Serie A, Cagliari, ini pun telah mencari informasi mengenai Medan dan Sumatera Utara.

“Aku tertarik dengan Medan. Aku mencari tahu tentang kota ini dari internet dan Twitter. Memang banyak tempat bersejarah di sini,” kata Radja Nainggolan.

Meskipun menyandang marga Batak, namun Radja Nainggolan terlahir di Belgia. Ia bahkan sudah menjadi pemain tim nasional Belgia sejak U-16 hingga level senior. Di tim nasional Belgia senior, gelandang berusia 25 tahun ini sudah mengemas 4 caps.

Radja Nainggolan memang berdarah asli Indonesia. Ayahnya, Marius Nainggolan, orang Batak asli, yang menikah dengan seorang perempuan Belgia bernama Lizi Bogaerd. Radja Nainggolan sendiri lahir di Antwerp, Belgia, pada 4 Mei 1988, dan saat sudah waktunya, ia memilih menjadi warga negara Belgia ketimbang Indonesia.

Saat ini, Radja Nainggolan berkiprah di Liga Italia Serie A bersama Cagliari. Kiprah sepakbolanya dimulai dari Germinal Beerschot, klub Belgia yang berasal dari tanah kelahirannya, yakni Antwerp. Di usia 19 tahun, Radja Nainggolan hijrah ke klub Italia, Piacenza, sebelum akhirnya berbaju Cagliari sejak tahun 2010.

Radja Nainggolan termasuk salah satu pemain andalan di Cagliari. Buktinya, hingga saat ini, ia sudah tampil sebanyak 101 kali bersama tim peserta Serie A itu. Aksinya bersama Cagliari pun telah memikat sejumlah klub besar di Eropa. Awal musim lalu, Juventus disebut-sebut sangat berminat untuk merekrut Radja Nainggolan, tapi belum terwujud.

Selain Juventus, beberapa klub mapan lainnya dikabarkan juga tertarik pada si anak Batak tersebut, termasuk AC Milan, Napoli, Inter Milan, Tottenham Hotspur, dan sejumlah klub lainnya. Namun, untuk musim depan, belum pasti Radja Nainggolan akan pindah klub atau masih tetap di Cagliari yang musim ini finish di posisi 11 Serie A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda