Scroll to Top

Piala Konfederasi 2013: Jepang Baik, Tapi Brazil, Meksiko, Italia Lebih Baik

By Naqib Najah / Published on Sunday, 23 Jun 2013

Jepang

Piala Konfederasi 2013 menjadi catatan tersendiri bagi tim Jepang. Perjalanan fase grup yang mempertemukan mereka dengan Brazil, Italia, dan Meksiko membuat anak asuhan Alberto Zaccheroni menabung banyak pelajaran. Di mata Zaccheroni, kekalahan tiga kali beruntun tidak menggugurkan pendapatnya akan kekuatan Jepang. Shinji Kagawa dkk. adalah tim baik, akan tetapi, Brazil, Meksiko, dan Italia mempunyai level di atas anak asuhannya.

Setelah kalah 3-0 atas Brazil di pertandingan pembuka Grup A, Jepang gagal memetik angka lagi di pertandingan kedua. Melawan Italia, Jepang tampil atraktif. Anak asuhan Zaccheroni sempat leading 2-0, namun kematangan Italia membuat pertandingan berkesudahan dengan skor 4-3 untuk Italia. Di pertandingan terakhir, tim asuhan Zaccheroni kembali menelan kekalahan tipis. Jepang kalah dari Meksiko dengan skor 2-1.

Khusus untuk pertandingan tersebut, Zaccheroni berpendapat timnya layak meraih hasil imbang.

“Sayangnya kami kalah, tapi Meksiko tampil lebih baik. Mereka mengambil inisiatif dan mereka tampil lebih dari yang kami lakukan. Namun, kami bermain bagus, terutama di pertandingan melawan Italia,” buka pelatih berusia 60 tahun itu.

Zaccheroni menyesali dua gol striker Manchester United, Chicharito Hernandez yang membobol gawang Jepang lewat kepalanya. Ia tidak telalu tinggi, Zaccheroni pun heran barisan bertahannya kalah oleh pemain muda tersebut.

“Hernandez tidak terlalu tinggi tapi dia mencetak gol melawan kami. Kami mengubah dua bek dan mencoba untuk menambahkan lebih banyak tekanan tetapi kami kalah. Itu adalah pengalaman yang baik dan kami melihat apa yang perlu kami lakukan untuk meningkatkan (kualitas tim).”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda