Scroll to Top

3 Kegunaan Kembang Kol Bagi Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 23 Jun 2013

kembangkol

Kembang kol bukan hanya enak dijadikan salah satu jenis sayuran pelengkan dalam sop atau hidangan kuah lainnya. Lebih dari itu, kembang kol ternyata memberikan efek menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Kandungan dalam kembang kol  seperti halnya brokoli yang memiliki zat antikanker. Keduanya memang berasal dari suku tumbuhan yang sama.

Dikutip dari Times of India, berikut ini manfaat mengonsumsi kembang kol secara rutin:

  1. Membantu liver untuk manawarkan racun tubuh. Kembang kol mengandung glucosinolates dan tiosianat (termasuk sulforaphane dan isothiocyanate) yang membantu fungsi hati dalam menetralkan berbagai zat yang berpotensi menyebabkan kanker dan keburukan lainnya pada tubuh.  Lalu, ditambah dengan bantuan enzim glutathione transferase, glucuronosyl transferase, dan quinone reductase akan makin membantu proses detoksifikasi. Untuk mencapai detoksifikasi maksimal di bagian liver, sebaiknya menghindari kebiasaan tidur terlalu malam. Sebab, liver melakukan detoksifikasi besar-besaran pada setiap tengah malam dan kondisi tubuh yang tertidur lelap.
  2. Mencegah kanker. Beberapa studi yang melibatkan hewan dan manusia menunjukkan bahwa kembang kol membantu tubuh membentengi diri dari berbagai jenis kanker. Di antara jenis kanker yang bisa dicegah yaitu kanker paru, kanker usus besar, kanker payudara, kanker kandung kemih, dan kanker ovarium.

Membantu mencegah hadirnya penyakit arthritis rheumatoid. Kembang kol kaya dengan vitamin yang memberikan manfaat sebagai pelindung terhadap inflamasi karena polyarthritis, yaitu sebuah arthritis rheumatoid yang mempengaruhi dua atau lebih sendi dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda