Scroll to Top

Tips Menghindari Sakit Punggung pada Berbagai Situasi

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 23 Jun 2013

sakit punggung

Banyak kegiatan yang memicu sakit punggung. Mulai dari aktivitas olahraga, mengangkat barang, duduk, bahkan tidur. Rata-rata sakit pinggang muncul dari posisi tubuh yang salah.

Sakit punggung sebenarnya bisa dicegah. Dikutip dari MSN, Anda bisa menjaga punggung dengan memperhatikan tips berikut ini:

  1. Pakailah alas tidur yang yang menopang punggung dengan baik. Saat bangun pagi, sempatkan untuk meregangkan otot dengan menggeliat sebentar.
  2. Pastikan saat melakukan kegiatan berdiri, berjalan, atau pun duduk selalu menegakkan posisi tulang belakang.
  3. Hindari terlalu lama beraktvitas menggunakan satu posisi tubuh. Misalnya, jika pekerjaan Anda menuntut duduk lama, sempat untuk berdiri atau berjalan di sela waktu bekerja Anda.
  4. Jika aktivitas Anda berisiko mengalami kram – misalnya berolahraga atau melakukan kegiatan fisik berat – seringlah melakukan peregangan otot agar tidak mudah kejang.
  5. Barang yang berat sebaiknya tidak diangkat sendirian. Mintalah bantuan orang lain untuk memindahkannya bersama-sama agar terasa ringan beban di punggung Anda.
  6. Apabila Anda lebih sering dalam posisi membungkuk – seperti bolak-balik mengangkat barang dari lantai – gunakan kaki sebagai tumpuan. Hindari menumpu pada pungung untuk meminimalisasi cedera.
  7. Jika sakit punggung Anda makin parah, jangan sungkan menghubungi dokter. Mungkin saja ada saraf Anda yang terjepit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda