Scroll to Top

Nigeria vs Spanyol 0-3: Hasil Piala Konfederasi 2013

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 24 Jun 2013

Spanyol vs Nigeria 2

Hasil pertandingan Nigeria vs Spanyol di Grup B Piala Konfederasi 2013 berakhir dengan skor 0-3. Adalah Jordi Alba (2 gol) dan Fernando Torres yang menjadi pencetak skor Spanyol vs Nigeria. Hasil Piala Konfederasi ini membawa Spanyol melenggang ke semifinal dan berhadapan dengan Italia, sementara mimpi Nigeria pupus.

Bermain di Estádio Governador Plácido Aderaldo Castelo pada Senin, 24 Juni 2013, Nigeria yang mesti menang dalam pertandingan kali ini, justru terbobol terlebih dahulu. Setelah Vincent Enyeama melakukan penyelamatan penting dari upaya Andres Iniesta di menit pertama, sang kiper Super Eagles tak bisa membendung aksi Jordi Alba yang setelah menerima sodoran Iniesta, mengecoh dua pemain belakang lawan dan menyarangkan gol dengan tenang layaknya penyerang.

Gol cepat La Furia Roja di menit tiga tadi menjadi titik tolak yang menyakitkan bagi Nigeria. Mereka yang mesti menang sambil berharap Tahiti melakukan keajaiban, berupaya keluar dari tekanan Spanyol. Dan itulah yang terjadi. Pasukan Vicente Del Bosque memang unggul dalam penguasaan bola. Tapi Nigeria juga rajin mengancam gawang Victor Valdes; meski mengarahkan bola untuk benar-benar merepotkan kiper nomor satu Barcelona adalah hal yang menyusahkan.

Nigeria kemudian beruntung menutup babak pertama dengan selisih gol yang masih tipis. Cesc Fabregas menyaksikan tembakan first time-nya membentur tiang gawang di menit 40, dan tandukan Sergio Ramos di ujung babak pertama mengarah tepat ke Enyeama.

Spanyol vs Nigeria

Menyadari pasukannya butuh lebih tajam di depan, Vicente Del Bosque menghadirkan David Silva dan Fernando Torres menjelang laga berlangsung setengah jam. Hasilnya sangat efektif. Jarak kemudian melebar di menit 62. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan dengan baik oleh Pedro Rodriguez, Fernando Torres menanduk bola ke gawang Nigeria. Jalur kemenangan Super Eagles semakin gelap.

Jordi Alba kemudian menutup pertandingan lewat aksi solo runnya yang lolos dari jebakan off side dan menaklukkan Enyeama untuk kedua kalinya di menit 89. Cukup sudah untuk membuktikan kelas La Furia Roja dan cukup sudah pula untuk mengubur mimpi Nigeria.

Skor akhir 0-3, Spanyol menatap semifinal melawan Italia, dan perjalanan Nigeria di Piala Konfederasi 2013 cukup terhenti di babak penyisihan grup semata.

Nigeria (4-3-3): Enyeama; Ambrose, Omeruo (Azubuike Egwueke ’11), Oboabona, Echiejile; Mikel, Ogude, Mba (Ogu ’63); Ideye, Akpala (Gambo ’71), Musa.

Spanyol (4-3-3): Valdes; Arbeloa, Ramos, Pique, Jordi Alba; Xavi, Busquets, Fabregas (Silva ’54); Iniesta, Soldado (Fernando Torres ’60), Pedro.(Villa ’75)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda