Share

Uruguay vs Tahiti 2

Hasil pertandingan Uruguay vs Tahiti di Grup B Piala Konfederasi 2013 berakhir dengan skor 8-0. Abel Hernandez menciptakan empat gol, diikuti oleh gol-gol Diego Perez, Nicolas Lodeiro, dan Luis Suarez (2 gol). Meskipun Andre Scotti menerima kartu merah di menit 50, pasukan Oscar Tabarez tetap merampungkan laga dengan kemenangan dan menapak ke semifinal untuk berhadapan dengan tuan rumah Brazil.

Uruguay cuma membutuhkan kemenangan dalam pertandingan tidak berimbang di Itaipava Arena Pernambuco pada Senin, 24 Juni 2013. Sebaliknya, Tahiti dengan segala kesederhanaan mereka, tentu ingin menutup keikutsertaan di Piala Konfederasi dengan sedikit kejutan. Namun, kejutan yang diharapkan Marama Vahirua cs. tidak datang. Bahkan babak pertama ditutup dengan hattrick Abel Hernandez dan satu gol Diego Perez.

Menurunkan sederetan pemain cadangan, pasukan Oscar Tabarez mencetak gol di menit 2. Berawal dari tendangan sudut, Abel Hernandez yang tidak terkawal sukses menyarangkan bola ke gawang Gilbert Meriel. Ini adalah gol yang menandakan dominasi Uruguay terhadap Tahiti, yang tetap saja mendapatkan pujian atas perjuangan mereka di lapangan.

Lalu lahirlah dua gol cepat Uruguay. Menit 24, Abel Hernandez kembali membobol gawang wakil Oseania. Ia menerima umpan terobosan cantik, kemudian melakukan sekali lob untuk mengecoh bek lawan dan Meriel yang keluar sarang.

Gol ini disusul oleh tandukan Diego Perez selang tiga menit yang membuat Tahiti serba salah. Dan akhirnya, di ujung babak pertama, Abel Hernandez menggenapkan hattricknya. Tiga laga, empat kali gawang Tahiti menyaksikan ada pria yang menciptakan hattrick.

Tertinggal 0-4, keriuhan tetap berpihak pada Tahiti. Menit 50, Andre Scotti gagal mengeksekusi penalti setelah tembakannya diselamatkan Meriel. Selang sesaat ina menerima kartu merah setelah menjatuhkan Chong Hue.

Uruguay masih melanjutkan pesta mereka dengan sebuah gol dari Nicolas Lodeiro di menit 61 dan tambahan penalti dari Abel Hernandez untuk menggenapkan quattricknya di menit 67.

Kehadiran Luis Suarez masih melanjutkan pesta gol La Celeste. Ia memborong dua gol di menit 82 dan 90. Skor akhir 8-0 untuk keunggulan wakil Amerika Selatan. Brazil sudah menanti di semifinal. Sementara Tahiti, meski terbobol 24 kali sepanjang turnamen ini, mencetak satu gol ketika melawan Nigeria adalah kemenangan bagi mereka.

Uruguay: Silva, Scotti, Pereira, Coates, Aguirregaray, Perez, Eguern, Gargano, Lodeiro, Ramirez (Luis Suarez ’69), Hernandez.

Tahiti: Meriel, Ludivion, Tehau (Atano ’71), Vallar, Simon, Tehau, Caroine, Aitamai (Lemaire ’53, Hnanyine (Tihoni ’88), Vahirua, Chong-Hue.