Scroll to Top

Tanja Hollander: Tak Kenal Maka Tak Sayang, Wanita Ini Datangi 626 Temannya di Facebook

By Ibnu Azis / Published on Monday, 24 Jun 2013
Tanja Hollander
Tanja Hollander

Tanja Hollander miliki 678 teman di Facebook. Namun, rata-rata teman yang ia kenal di jejaring sosial itu tidak benar-benar ia kenal. Akhirnya, ia putuskan untuk bertemu satu demi satu dalam proyek yang ia namakan Are You Really My Friend?.

Kisah ini bermula pada malam tahun baru 2010 lalu. Kala itu Tanja Hollander sedang berbincang dengan temannya yang ada di Jakarta. Di waktu yang bersamaan, ia menulis sepucuk surat pada teman lainnya yang sedang berada di Afghanistan.

Saat itulah Tanja Hollander mulai sadar adanya dua buah dunia; online dan offline. Dari dasar inilah ia akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah proyek fotografi yang kemudian dikenal dengan nama Are You Really My Friend?.

Tanja Hollander tak asing dengan foto sebab ia adalah seorang fotografer. Proyek itu dimulai pada bulan Februari 2011. Misi yang ia usung secara khusus mengunjungi dan kenal lebih dekat dengan 626 temannya di Facebook yang ia tidak ‘kenal’.

Tanja Hollander
Salah satu keluarga yang dikunjungi Tanja Hollander

Misi lainnya, ia ingin mengabadikan mereka dengan bekal sebuah kamera. Dalam dua tahun terakhir ini, Tanja Hollander telah kunjungi tak kurang 300 teman Facebook-nya. Tak hanya pengguna di wilayah Amerika Serikat, ia juga telah kunjungi beberapa negara asing.

Tanja Hollander mengaku mendapat pengakuan ramah dari teman atau keluarga yang ia kunjungi. Mereka tawarkan tempat menginap, makanan, dan berbagi cerita pribadi. Tak kenal maka tak sayang, ada yang ingin ikuti jejak Tanja Hollander?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda