Scroll to Top

12 Tempat di Korea Utara Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

By Ilham Choirul / Published on Monday, 24 Jun 2013

kaesong

Sejumlah 12 tempat di kota Kaesong, Korea Utara, mendapat kehormatan dinobatkan ke dalam daftar Warisan Dunia versi UNESCO. Menurut hasil pertemuan UNESCO di Phnom Penh, Kamboja, pada Minggu lalu (23/6), 12 tempat ini sangat unik dan memiliki peninggalan sejarah yang dapat dilestarikan.

Keduabelas tempat tersebut antara lain terdiri dari benteng pertahanan, jembatan Sonjuk, sekolah berusia tujuh abad, hingga sebuah istana. Jika dirunut ke belakang, diperkirakan pembangunan berbagai peninggalan sejarah itu telah ada sejak abad ke 10. Kota Kaesong dibangun pada era Dinasti Koryo. Dinasti ini berdiri pada tahun 900-an dan berakhir hingga abad ke 14. Kaesong kala itu dijadikan kota pusat pemerintahan.

Dikutip dari BBC, kisah menarik yang membuat UNESCO tertarik menjadikan tempat-tempat di kota Kaesong sebagai warisan dunia adalah peran serta dinasti dalam menyatukan peradaban Koryo. Kala itu, Dinasti Koryo mampu menyatukan semenanjung Korea dan memberi kebanggaan wilayah tersebut dengan identitas yang khas.

Konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan membuat Kaesong sempat tidak terperhatikan dan menjadi rebutan. Kaesong pernah diduduki oleh pemerintah Korea Selatan pada Perang Dunia Kedua. Namun, Kaesong kembali ke Korea Utara pada akhir perang Korea yang terjadi pada tahun 1950 -1953.

Dan, ke-12 tempat yang menjadi warisan budaya tersebut berhasil dipertahankan sampai sekarang sekalipun lokasinya hanya beberapa kilometer dari kawasan industri di kedua negara Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda