Scroll to Top

Supermoon Terjadi Lagi Pada Agustus 2013

By Ilham Choirul / Published on Monday, 24 Jun 2013

supermoonJangan lewatkan fenomena supermoon yang akan kembali hadir tahun ini. Para ahli memprediksi supermoon kembali bisa dilihat pada Agustus 2013 nanti. Catatannya, untuk melihat supermoon harus dalam kondisi langit cerah. Saat itu Anda akan disuguhi “atraksi” alam dengan penampakan bulan jauh lebih besar dari biasanya kala bulan purnama tiba.

“Supermoon mungkin tampak lebih besar daripada bulan biasanya bila anda melihatnya pada waktu senja, ketika bulan baru saja terbit,” ujar Shari Balouchi, penulis “Mitos Supermoon” di majalah Sky and Telescope, seperti dikutip BBC.

Tahun lalu supermoon terlihat jelas di Yunani dan Brazil. Supermoon sebenarnya kejadian ketika posisi bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi. Saat mencapai jarak minimal tersebut dan kondisi bulan sedang purnama, maka ukuran bulan seakan menjadi lebih besar sekitar 14 persen. Sementara untuk kekuatan cahayanya, sewaktu terjadi supermoon lebih terang 30 persen dalam kondisi purnama biasa.

“Supermoon terlihat paling mengesankan pada saat paling dekat dengan garis horizon, yaitu pada saat terbit dan tenggelam. Jadi, kita harus memastikan kapan tepatnya waktu terbit dan tenggelam bulan di masing-masing wilayah,” kata Marek Kukula, astronom publik di Royal Observatory Greenwich.

Sebagai informasi, bisa mendapatkan posisi bulan hingga muncul fenomena supermoon termasuk cukup langka. Sebab, terjadinya super moon harus bertepatan dengan terjadinya purnama dan letak bulan pada orbit elips yang paling dekat dengan bumi. Supermoon hanya bisa dinikmati pada saat terbit dan tenggelamnya bulan di waktu malam. Jika posisi bulan sudah di atas, maka ukurannya tampak normal seperti biasa. Para ahli banyak yang mengatakan super moon adalah sebuah “ilusi optik”. Sekali pun begitu, super moon tetap menarik sebagai salah satu kejadian alam yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda