Scroll to Top

Nissan Siap Ujicoba Mobil Balap Bertenaga Listrik

By Ilham Choirul / Published on Monday, 24 Jun 2013

zeod

Nissan membuat sebuah mobil balap bertenaga listrik pertama kalinya dan segera diujicobakan di Le Mans 24 Hours. Dalam ajang tersebut, mobil balap berlabel ZEOD RC itu akan melakukan balapan ketahanan tingkat dunia dan cukup bergengsi saat ini. Nissan mengklaim mobilnya ini mampu digeber hingga kecepatan lebih dari 300 kilometer per jam. Target pada lomba tersebut adalah memenang 15 kategori dari 22 kategori yang dipertandingkan.

Mobil ZEOD RC tidak dibuat asal-asalan. Nissan meminta masukan dari orang-orang yang berkompeten di Jepang, AS, dan Eropa terkait produksi. Masukan ini kemudian diterjemahkan direktur inovasi motorsport Nissan, Ben Bowlby, untuk kemudian diwujudkan mejadi mobil balap riil. Bowlby pernah pula menjadi “seniman” yang membuat Nissan Delta Wing.

Diungkapkan Andy Palmer, Executive Vice President Nissan, ZEOD RC adalah pengembangan mobil Nissan LEAF dan LEAF RC. Dan, teknologi yang dipakai pada ZEOD RC nantinya juga menjadi bahan pertimbangan untuk ditanamkan pada mobil-mobil jalanan besutan Nissan.

“Nissan merupakan pemimpin global di pengembangan teknologi otomotif non emisi dan Nissan ZEOD RC akan ikut membuktikan perkembangan yang kita dapat di balapan ketahanan sebagai pengetesan untuk rencana potensial kami di LM P1 powertrain,” kata Palmer, seperti dikutip Oto Detik.

Semua tenaga pendorong pada mobil yang bernama lengkap Zero Emission On Demand Racing Car ini sepenuhnya memakai energi listrik. Hanya saja, mobil tersebut tetap dibekali dengan mesin konvensional sebagai mesin cadangan yang bisa digunakan kala diperlukan. Nissan yakin  pengembangan mobil balap masa depan kemungkinan juga akan memakai tenaga listrik sebagai sumber energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda