Scroll to Top

Sarapan Pagi Bisa Mencegah Diabetes Pada Wanita

By Ilham Choirul / Published on Monday, 24 Jun 2013

sarapan

Menyempatkan diri untuk sarapan pagi akan mencegah wanita mengalami kelebihan berat badan dan mengurangi risiko diabetes. Temuan peneliti dari Universitas Colorado menyebutkan, wanita yang tidak sempat makan pagi lebih mudah untuk mengalami resistensi insulin. Kondisi ini membuat seseorang memerlukan lebih banyak insulin untuk menormalkan gula darah.

Dikutip dari Health, kondisi resistensi insulin tidak terlalu bermasalah jika terjadi dalam jangka pendek. Namun kalau terjadi secara rutin tiap hari, akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

“Mengonsumsi sarapan yang sehat bisa menguntungkan. Ini mungkin tidak hanya membantu Anda mengendalikan berat badan tapi (dapat) menghindari diabetes,” kata Dr. Elizabeth Thomas, instruktur kesehatan di Universitas Colorado, yang studinya ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan Endocrine Society di San Fransisco.

Studi melibatkan sejumlah wanita yang berusia rata-rata 29 tahun. Mereka semua mengalami obesitas. Insulin dan gula darah mereka diukur pada dua hari yang berbeda usai makan siang. Satu kali mereka sarapan dan di lain waktu mereka tidak sarapan.

Lewat pengamatan yang dilakukan, kadar glukosa meningkat usai makan siang. Akhirnya hal tersebut memicu produksi insulin untuk memetabolisme glukosa menjadi energi. Namun gula darah dan insulin saat usai makan siang jauh lebih tinggi pada wanita yang melewatkan untuk sarapan.

“Ada peningkatan 28 persen dalam respon insulin dan peningkatan 12 persen dalam respon glukosa setelah melewatkan sarapan,” katanya.

Dengan studi ini disarankan untuk mengambil sarapan di pagi hari. Untuk melihat seberapa jauh hubungan sebab-akibatnya, diperlukan studi lanjutan untuk menjelaskannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda