Scroll to Top

Tips Menjaga Kesehatan Kaki Bagi Penderita Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Monday, 24 Jun 2013

diabetes

Penderita diabetes mesti lebih aktif untuk menjaga kakinya dari luka. Sebab, diabetes membuat kerusakan saraf dan mengurangi aliran darah menuju kaki. Akibatnya, luka kecil bisa menjadi parah dan sembuh dalam jangka waktu lama. Jika keparahan tidak bisa ditoleransi lagi, maka kemungkinan kaki akan diamputasi.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi penderita diabetes untuk menjaga kaki dari berbagai masalah. Berikut ini beberapa tips untuk melindungi kaki bagi penderita diabetes:

  1. Pastikan kaki selalu bersih dengan mencuci dan mengeringkannya. Ini akan mengurangi risiko infeksi.
  2. Jaga kelembaban kaki. Tapi, hindari kondisi terlalu lembab di sela jari kaki untuk menghindari tumbuhnya jamur.
  3. Lakukan pengecekan keadaan kaki setiap hari. Carilah kemungkinan adanya luka, lecet, tergores, bengkak, ataua masalah kaki lainnya. Jika ditemukan, segera konsultasikan ke dokter dan jangan sepelekan luka sekecil apapun.
  4. Pakai penutup kaki. Ini untuk menghindari luka-luka ringan yang memungkinkan akan terjadi luka parah di kemudian hari. Anda bisa memakai sepatu atau kaos kaki yang bersih di mana pun Anda berada, termasuk di rumah. Cuci kaos kaki secara rutin pilih dari jenis yang tidak mengiritasi kulit
  5. Saat memakai sepatu, pilih yang ukurannya pas dengan kaki. Sepatu yang kekecilan akan membuat kaki menjadi kapalan hingga lecet. Saat memakainya, pastikan kotoran di dalamnya dikeluarkan. Saat ini sudah banyak sepatu yang khusus didesain untuk penderita diabetes.
  6. Jauhi merokok baik secara aktif maupun pasif. Racun asap rokok akan membatai dan mengurangi aliran darah ke kaki.
  7. Hindari untuk mengobati sendiri luka yang terjadi di kaki. Selalu konsultasikan luka tersebut ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda