Scroll to Top

10 Hal yang Anda Tidak Ketahui tentang Iron Man

By Rin / Published on Tuesday, 25 Jun 2013

Sejak film Iron Man dirilis pertama kali pada tahun 2008, karakter Marvel yang satu ini telah menjadi ikon budaya yang bermerek. Gambar Iron Man muncul di semua peralatan anak-anak, dari ransel anak-anak, Burger King sampai kotak pizza beku. Setelah Iron man 3 dirilis, dominasi Iron Man di dunia nampaknya akan semakin lengkap.

Walaupun karakter Iron Man ada di mana-mana, tetap saja Iron Man memiliki beberapa rahasia yang masih tersimpan di balik rangka bajunya. Anda penasaran? Berikut 10 hal yang mungkin Anda tidak ketahui tentang Iron Man yang ditulis oleh Don Deane dari Screen Crush.

1. Tom Cruise Nyaris Menjadi Iron Man

Sulit membayangkan Iron Man diperankan oleh orang lain, selain Robert Downey, Jr. Awalnya tawaran peran Iron Man datang ke Tom Cruise,  tapi ditolak karena Cruise  tidak senang dengan naskahnya.

Namun, setidaknya Tom Cruise akan membuat Iron Man lebih baik daripada Nicolas Cage yang menyatakan tertarik menjadi Iron Man sejak 1997. Mengapa? Selama sedetik pikirkan saja peran Cage sebagai Ghost Rider dan semua perannya dalam 10 tahun terakhir, dan Anda akan mengerti apa yang kami maksud.

2. J.A.R.V.I.S Memiliki Nama Panjang

Di dalam komik Marvel, Jarvis adalah kepala pelayan the Avengers yang setia. Dalam film Iron Man, J.A.R.V.I.S. adalah nama sistem AI (Artificial Intellegence) Stark yang membantu pekerjaan superhero tersebut. J.A.R.V.I.S. merupakan singkatan dari Just a Rather Very Intelligent System (Hanya sebuah sistem yang sangat cerdas). Kini, hanya dari sebuah robot asisten lab yang kikuk ini, Stark bisa mendapatkan rasa hormat.

3. Pakaian Iron Man Bisa Mengangkat Beban 100 Ton

Dengan kekuatan penuh, Tony Stark bisa mengangkat 100 ton dengan menggunakan pakaian Iron Man. Cukup mengesankan, mengingat bahwa maksimun beban yang bisa diangkat Hulk (saat dalam keadaan tenang) adalah 100 ton juga. Stark kemudian menemukan pakaian perang baru, Hulkbuster, yang mampu mengangkat beban 175 ton untuk melawan Hulk dalam situasi tertentu.

4. Iron Man Ternyata Berusia 50 pada Tahun ini

Diperkenalkan pertama kalinya dalam buku komik berseri Tales of Suspense pada puncak Perang Dingin tahun 1963 sebagai pahlawan anti-Komunis. Selama bertahun-tahun, Iron Man dibentuk menjadi lebih bergantung pada teknologi untuk bertahan hidup dan berjuang keluar dari kecanduan alkohol dalam alur cerita komik yang dikenal dengan Demon in a Bottle” pada 1970an. Akhirnya, Iron Man menjadi anggota Avengers yang menghabiskan sebagai besar waktu karirnya dan melawan semua musuhnya dari Dr. Doom sampai the Skrulls. Cukup bagus untuk seorang pahlawan yang mendekati usia pensiun.

5. Pakaian Iron Man Akan Menjadi Kenyataan

Lockheed Martin adalah salah satu dari sekian perusahaan yang sedang mengembangkan proyek rangka luar (exoskeleton)  yang  mengingatkan pada pakaian Iron Man. Pengembangan proyek tersebut bertujuan membantu tentara membawa beban hingga 400 kg dengan kecepatan maksimal 100 mil/jam dengan jangka waktu yang lama.

Penjualan komersial pertama dari rangka luar  tersebut dilakukan untuk tujuan medis pada September tahun lalu dan menandai dimulainya era pakaian bertenaga untuk siapa saja yang mampu membelinya, kata para ahli. Namun, jangan terlalu harap, rangka ini bisa dimiliki dengan harga $ 70.000

6. Penggemar Hebat ini Membuat Cosplay Iron Man Terkeren yang Pernah Ada

Sementara kita menunggu exoskeleton dalam kehidupan nyata menjadi terjangkau, kita harus puas dengan pakaian cosplay Iron Man yang dibuat oleh penggemar yang luar biasa, seorang instruktur fitness, Anthony Le.

Pakaian Iron Man ini memiliki mata yang bisa menyala dan repulsor, topeng yang bisa ditarik, menggerakan stabilizers penerbangan, senjata bahu bermotor, dan jet yang bisa menembakkan aliran CO2. Kami ingin satu!

7. Robert Downey, Jr adalah Salah Seorang Superhero Tertua di Dunia

Film superhero biasanya didominasi oleh aktor muda seperti Chris Evans, Andrew Garfield dan Chris Hemsworth. Downey baru saja berusia 48 tahun, yang membuat ia menjadi salah seorang aktor tertua yang pernah berperan menjadi superhero. Bagaimana pun juga usia bukan penghambat kemampuan untuk memerangi kejahatan, bukan?

8. Karakter Mandarin Dibuat Lebih Bebas

Bagi para penggemar komik, Mandarin adalah salah satu musuh Iron Man yang paling dikenal, tetapi para pembuat film Iron Man 3 mengambil beberapa kebebasan. Sebagai awal, Mandari tidak lagi di Cina. Dia juga tidak lagi memiliki cincin kekuatan yang berasal dari kapal luar angkasa alien yang jatuh ke bumi. Menurut Direktur Shane Black, perubahan ini diberlakukan  untuk membuat karakter yang lebih realistis dan mengurangi stereotip “Fu Manchu hanya penjahat yang bisa melambaikan tinjunya”.

9. Karakter Tony Stark Diangkat dari Howard Hughes

Menurut pencipta Iron Man, Stan Lee, Stark didasarkan dari karakter raja Howard Hughes, yang Lee gambarkan sebagai “salah satu orang yang paling berwarna-warni di masa kita.” Dia adalah seorang penemu, seorang petualang, multi-miliarder, pria dari banyak wanita, dan akhirnya benar-benar menjadi gila.

Dalam sebagian besar hidupnya, Hughes menunjukkan gejala-gejala gangguan obsesif-kompulsif dan pernah tinggal di dalam ruangan pemutaran film gelap selama empat bulan. Untungnya, hal semacam itu tidak pernah berhasil masuk ke dalam film Iron Man.

10. Mandarin Hampur Muncul dalam Film Iron Man yang Pertama

Naskah pertama film Iron Man menampilkan Mandarin, namun sutradara Jon Favreau membuang ide tersebut karena dia berpikir karakter itu terlalu fantastis. Sebaliknya, dengan skenario yang lebih realistis, pada awal film Stark ditangkap oleh kelompok teroris yang dikenal sebagai Ten Rings. Kelompok teroris memang kedengarannya lebih realistis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda