Scroll to Top

Facebook Home Ditolak Beberapa Produsen Smartphone Terkemuka

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 26 Jun 2013

Facebook Home Hands On

Facebook Home kini kesulitan untuk menemukan ‘rumah’ bagi aplikasinya. Pasalnya, beberapa produsen smartphone terkemuka enggan menerima tawaran jejaring sosial tersebut. Apa yang jadi landasan penolakan ini?

Alasan utama mereka tak lain dan tak bukan berkaca pada kegagalan generasi Facebook Home pertama di ponsel HTC First. Ponsel yang diusung HTC ini dinilai gagal total dan bahkan penjualannya dihentikan. Sampai di titik nadir, ponsel yang mulanya dibanderol 3 jutaan ini diobral hanya 9 ribuan saja.

Salah satu produsen smartphone terkemuka yang menolak penyuntikan Facebook Home adalah Samsung. Hal ini terkuak tatkala Mark Zuckerberg berkunjung ke Korea Selatan beberapa waktu lalu. Meski tak merilis keterangan resmi, diduga kuat, lawatannya ke negeri gingseng itu terkait penjajakan Facebook Home ke Samsung.

Pasca Samsung enggan menerima tawaran Mark Zuckerberg, kini produsen smartphone lain juga beri sikap yang sama. Mulai Sony, Huawei, ZTE, Lenovo, dan HTC sendiri. HTC enggan terlibat dua kali untuk produksi Facebook Home secara massal.

Diduga kuat selain Facebook Home tidak begitu diminati oleh pengguna, alasan produsen smartphone menolak tawaran Mark Zuckerberg akibat fitur home screen yang tersedia. Produsen smartphone saat ini tengah bekerja keras meningkatkan pengalaman antarmuka di layar homescreen.

Seperti diwartakan Ubergizmo, alih-alih mendukung itu, Facebook Home justru meniadakan fitur home screen Android dan mengubahnya dengan cover feed yang hilangkan fungsi home screen itu sendiri. Sebut saja soal widget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda