Scroll to Top

1 Miliar Netizen Telah Gunakan Google Safe Browsing

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 26 Jun 2013

Laptop

Tercatat tak kurang 1 miliar netizen telah menggunakan layanan Google Safe Browsing. Layanan ‘penjelajahan aman’ ini mengidentifikasi situs yang disinyalir ‘tak aman’ dan memeringatkan pengguna serta webmaster agar terhindar dari ancaman siber.

Dikutip dari laman Google Transparency Report, diperkirakan ada 1 miliar netizen di muka bumi yang telah gunakan Penjelajahan Aman Google. Google setidaknya membantu puluhan juta pengguna tiap minggunya di pelbagai peramban mulai Chrome, Firefox, dan Safari.

Selain mengingatkan pengguna akan bahasa serta ancaman siber, Google Safe Browsing akan mencegah navigasi netizen ke situs web yang diduga miliki potensi untuk pencurian informasi pribadi atau tersemat perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk mengambil alih komputer mereka (remote).

Teknologi Penjelajahan Aman Google sendiri tiap hari memeriksa miliaran laman web dan mereka temukan ribuan situs ‘tak aman’ per 24 jam. Rata-rata, situs ‘tak aman’ ini telah disusupi. Google berikan peringatan di laman yang dibuka lewat sebuah notifikasi akan ancaman tersebut.

Menurut Google, situs ‘tak aman’ yang ada dibagi menjadi dua kategori:

  1. Situs berperangkat lunak perusak. Situs ini berisi kode yang bisa ‘merusak’ perangkat lunak dalam komputer. Peretas manfaatkan perangkat ini untuk mengambil alih (remote) atau memindahkan data informasi pengguna komputer ke mereka.
  2. Situs phising, situs ini berpura-pura menjadi situs yang sah selagi pengguna masuk (login) ke situs tersebut dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Situs ini umumnya meniru (kloning) tampilan situs asli. Misalnya situs kloningan bank atau toko online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda