Scroll to Top

6 Ciri-ciri Orang yang Kurang Tidur

By C Novita / Published on Wednesday, 26 Jun 2013

kurang tidur

Kebutuhan tidur setiap orang memang berbeda-beda, namun normalnya manusia dewasa membutuhkan waktu tidur 8 jam per hari. Bila terlalu sedikit atau terlalu banyak, maka akan terjadi beberapa gangguan kesehatan baik fisik juga mental.

Misalnya sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Association of Cancer Research tahun 2008, apabila seorang wanita memiliki pola tidur yang kurang dari 7 jam, maka resikonya mengidap kanker payudara akan lebih besar 47% dari pada wanita yang memiliki pola tidur normal.

Selain itu, hasil penelitian yang telah dimuat di Jurnal Sleep 2/8/2010 itu juga menyatakan bahwa seseorang yang tidur hanya 5 jam per hari memiliki resiko 2 kali lebih besar terkena sakit jantung dibanding yang tidur normal.

Sedangkan seseorang yang kebanyakan tidur hingga 9 jam per hari, maka resikonya naik jadi 1,5 kali untuk terkena penyakit jantung.

Tubuh biasanya akan memberi sinyal apabila seseorang mengalami kurang istirahat atau tidur. Dilansir oleh Metrotvnews, dr Andreas Prasadja dari RS Mitra Kemayoran memberi bocoran beberapa ciri bila seseorang mengalami kurang tidur:

  1. Sulit bangun pagi, harus dibangunkan dengan susah payah
  2. Sering lupa, dimana menaruh sesuatu atau berbagai hal lain
  3. Banyak melakukan kesalahan saat menulis atau ngetik
  4. Ceroboh saat bekerja
  5. Sulit konsentrasi
  6. Mengantuk saat bukan waktu tidur

Jika Anda mengalami semua ciri tersebut, dapat dipastikan bahwa waktu istirahat atau waktu tidur Anda kurang. Segeralah tidur agar tak mengalami banyak masalah kesehatan yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda