Scroll to Top

Mendengarkan Lagu Melankolis Dapat Membantu Lepaskan Kesedihan

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 26 Jun 2013

wanita bersedih

Orang cenderung mencocokkan tipikal musik yang didengarkannya sesuai dengan mood yang sedang dirasakan. Menurut sebuah studi yang dimuat Journal of Consumer Research, setiap kali ada pengalaman baru yang dialami, seseorang akan memilih lagu-lagu tertentu yang sesuai. Misalnya, ketika patah hati, maka dia akan mengambil musik-musik melankolis untuk didengarkan.  Begitu juga ketika frustrasi, seseorang lebih cenderung memilih musik keras.

Dikutip dari Huffington Post, setiap musik yang mengiringi mood seseorang dapat menjadi teman yang tidak riil. Mungkin orang sedih yang mendengarkan musik melanolis akan mendapati dirinya makin sedih. Namun, lagu cengeng ini dapat membantu melegakan lepas dari kesedihan ketika seseorang cukup malu menceritakan kisah sedihnya pada orang lain. Sehingga, musik dapat menjadi cara untuk melegakan kegalauan yang dirasakan.

Studi lain diungkapkan oleh Kay Norton, PhD,  peneliti terapi musik dari Arizona State University. Dalam studinya yang dimuat Journal of Medical Hummanities, Norton menuliskan bahwa ada manfaat mendengarkan musik sedih saat seseorang menghadapi kesedihan bahkan saat sedih kematian. Mereka akan lebih mudah untuk merasa dipahami dan mampu melepaskan emosionalnya lewat musik.

Memutar musik saat depresi karena patah hati mungkin bisa membantu untuk lepas  dari keterpurukan. Seiring berjalannya waktu, orang tersebut memilih lagu-lagu lain yang lebih bersemangat, sehingga dapat mengembalikan moodnya menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda