Scroll to Top

9 Bahan di Rumah yang Bisa Dipakai Sebagai Pembersih Kotoran

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 26 Jun 2013

bersih

Bahan-bahan di rumah Anda bisa dijadikan bahan pemberih kotoran. Bahkan, Anda pun mungkin tidak menduga manfaat ini sebelumnya. Dikutip dari Times of India, ada 9 bahan di rumah yang bisa Anda gunakan:

  1. Roti tawar. Roti tawar bisa dipakai untuk mengangkat debu pada lukisan cat minyak. Tempatkan bagian lembut roti tawar di atas permukaan lukisan yang berdebu, lalu angkat.
  2. Saus tomat. Beberapa saus tomat bisa dipakai untuk menghilangkan noda pada peralatan yang terbuat dari tembaga dan kuningan. Tinggal ambil sedikit saus pada kain, lalu gosokkan ke peralatan. Beberapa menit kemudian, warnanya akan kembali cemerlang. Untuk membersihkan saus, bilas memakai air hangat dan keringkan memakai handuk.
  3.  Havermut. Bahan ini bisa untuk membersihkan tangan yang sangat kotor. Tinggal tambahkan sedikit air, lalu gosok-gosokkan di tangan untuk membersihkannya. Bilas kembali dengan air.
  4. Beras. Makanan pokok orang Asia ini bisa untuk membersihkan bagian dalam vas atau botol yang berleher tipis. Caranya, isi tiga perempat vas dengan air dan tambahkan satu sendok makan beras. Tutup lubangnya memakai tangan lalu kocokkan dengan kuat. Setelah dirasa cukup, buang airnya lalu bilas kembali untuk membersihkan sisa kotoran.
  5. Teh hitam. Minuman ini membantu memberihkan peralatan yang berkarat. Seduh beberapa teh hitam pekat. Setelah dingin, tuangkan dalan wadah. Rendam bagian berkarat pada peralatan dan biarkan selama beberapa jam.  Setelah itu, lakukan pengeapan dengan air bersih. Saat mengelap, sebaiknya gunakan sarung tangan karet.
  6. Gliserin. Gliserin bisa dipakai untuk menghilangkan bekas lilin yang mengering. Teteskan beberapa gliserin ke bola kapas, kemudian gosokkan pada bekas lilin sampai bersih.
  7. Soda. Soda dapat mengkilapkan kembali peralatan dari bahan stainless steel.
  8. Tepung maizena. Tepung ini dapat dipakai untuk membersihkan noda minyak di karpet. Taburkan tepung maizena pada bagian yang kena minyak dan biarkan 15-30 menit sebelum diangkat memakai vacuum cleaner.
  9. Spiritus. Untuk noda di lantai atau meja yang terbuat dari kayu keras, bisa memakai spiritus untuk mengatasinya. Gosokkan spiritus pada noda hingga bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda