Scroll to Top

Menengok Gaji Empat Bos Perusahaan Otomotif Dunia

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 26 Jun 2013

akio toyoda

Kemajuan teknologi otomotif boleh maju. Namun bagaimana dengan gaji para bos perusahaan otomotif? Ternyata, mereka pun kecipratan mendapatkan kemajuan dalam gajinya. Mari lihat gaji para bos otomotif dunia yang dikutip dari Antara berikut ini.

Untuk dunia otomotif Jepang diduduki oleh Akio Toyoda. Dia adalah bos Toyota, yang juga cucu dari pendiri Toyota. Gajinya tahun ini naik 35 persen dari tahun lalu. Per tahun, Toyoda menerima 184 juta Yen (1,86 juta dolar AS) berupa gaji berserta bonus. Tambahannya adalah deviden  dari saham perusahaannya.

Di tangan Toyoda, Toyota mampu meningkatkan laba tiga kali lipat di tahun fiskal terbaru sampai Maret, senilai 962,1 miliar yen atau setara 9,8 miliar dolar AS. Nilai saham Toyota ikut naik sepertiga kali lipat di periode yang sama.

Sementara itu, masih dari otomotif Jepang, masih ada Carlos Ghosn. Dia adalah bos yang mampu mengangkat Nissan dari keterpurukan finansial perusahaan. Kehadirannya di Nissan bahkan menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan. Atas keuletan Ghosn, dia diganjar dengan gaji sebesar 988 juta yen.  Dalam dunia otomotif di Jepang, Nissan juga berada di peringkat kedua yang menguasai pasar.

Gaji yang lebih besar lagi dipegang oleh Alan Mulally. Bekerja di perusahaan Ford, telah membuatnya menjadi sangat kaya dengan penghasilan mencapai 21 juta dolar AS. Itu adalah gaji 2012 lalu. Sementara bos CEO General Motors, Dan Akerson, diberikan gaji sebesar 11,1 juta dolar AS atas usahanya memimpin perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda