Scroll to Top

Android Dominasi Pasar Smartphone Eropa, Apple Alami Kemunduran

By Ditya / Published on Thursday, 27 Jun 2013

android vs apple

Android semakin mendominasi pasar smartphone Eropa dan disaat yang bersamaan, pangsa pasar Apple mengalami kemunduran yang cukup signifikan. Hal ini diungkapkan oleh lembaga riset pasar IDC berdasarkan data yang dikumpulkan pada kuartal pertama tahun 2013 ini.

Saat ini, smartphone Android di Eropa menguasai 69% pasar smartphone kuartal pertama 2013, meningkat dari angka 55% yang dicapai pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Peningkatan ini menunjukkan bahwa smartphone berbasis sistem operasi Android semakin diminati oleh pengguna.

Sedangkan Apple melalui jajaran smartphone iPhone-nya mengalami kemunduran. Apple iPhone pada kuartal pertama tahun 2013 ini hanya menguasai 20% pangsa pasar, turun dari angka 25% yang dicapai pada periode yang sama ditahun 2012.

Posisi ketiga ditempati oleh Windows Phone yang menguasai 6% pangsa pasar pada kuartal pertama 2013, meningkat dari angka 4% pada tahun lalu. Lalu bagaimana dengan BlackBerry? Sayangnya, BlackBerry dengan jajaran produk smartphonenya tidak disebutkan di sini, kemungkinan karena pangsa psarnya memang sangat kecil.

Samsung merajai penjualan smartphone di Eropa dengan pengiriman sebanyak 19.9 juta unit pada trimester pertama tahun 2013 dan menguasai 46% pasar ponsel. Posisi kedua ditempati Apple dengan pangsa pasar 14% dengan pengiriman 6,2 juta unit. Posisi ketiga diduduki Nokia dengan pengiriman 6,1 juta unit smartphone.

“Kami sekarang memasuki gelombang kedua adopsi smartphone di wilayah tersebut. Gelombang pertama ini didorong oleh para pengguna mencari perangkat yang akan memenuhi kebutuhan mobilitas mereka. Mereka mencari perangkat terbaik dalam hal kinerja dan pengalaman pengguna, dan lebih penting, mereka mampu membeli dan membayar premi untuk mendapatkan pengalaman premium.”

“Kita sekarang memasuki gelombang kedua adopsi smartphone, yang akan didorong oleh para pengguna dengan tidak perlu untuk sebuah smartphone,” kata Francisco Jeronimo dari IDC, seperti yang dilansir dari Phone Arena (26/06/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda