Scroll to Top

Seorang Wanita Perancis Selama 16 Tahun Hanya Minum Soda

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 27 Jun 2013

Coca_Cola

Sejak usia 15 tahun, seorang wanita Perancis selalu rutin meminum minuman soda. Kini di usianya yang menginjak ke-31, wanita itu tetap meneguk minuman gula favoritnya itu. Beberapa waktu lalu ia tiba-tiba pingsan di rumahnya. Setelah diselidiki, wanita ini selama 16 tahun hanya mengonsumsi minuman bersoda.

Setelah lakukan tes darah di sebuah rumah sakit di Perancis, wanita yang enggan disebutkan namanya itu didiagnosis miliki kadar kalium yang sangat rendah. Tak hanya itu saja, ia alami kelainan hati dan derita sindrom QT. Sebuah sindrom yang buat jantung berdetak tak menentu.

Jika menilik dari ilmu kesehatan, sindrom QT hanya bisa terjadi oleh fator genetik atau keturunan. Dokter pun terheran mengingat anggota keluarga penderita tak miliki kelainan itu. Setelah mengetahu penyebabnya, para dokter tak kalah heran lagi. Apalagi mendengar pengakuan penderita yang habiskan dua liter soda sehari dan hanya minum air putih ala kadarnya saja.

Apa yang terjadi di kasus wanita di atas justru membawa berkah bagi dunia medis. Dokter Naima Zarqane dari Princess Grace Hospital Centre di Monako berujar jika penelitian yang ia lakukan berikan bukti dan data baru.

Minuman soda, jelasnya, ternyata bisa timbulkan masalah gangguan medis terhadap jantung. Masih menurutnya, mengonsumsi cola dalam jumlah banyak bisa akibatkan diare dan berakibat berkurangnya kadar kalium.

Dikutip dari Huffingtonpost, kadar kalium ini sangat penting daam mendukung performa detak jantung agar tetap bisa ‘berjalan’ normal. Bilamana kadar kalium bermasalah maka kinerja jantung pun akan bermasalah pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda