Scroll to Top

Instagram Messenger, Mungkinkah Akan Terealisasi?

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 27 Jun 2013

Logo Instagram

Instagram kini seolah alami transformasi dari platform fotografi menjadi layanan pesan visual yang diakses publik. Jika menilik ke roh utama mereka, layanan tersebut sejatinya adalah aplikasi pengolah dan berbagi foto plus sekaligus jejaring sosial berbasis foto. Lantas, apa hubungannya dengan Instagram Messenger?

Instagram dimulai bagaimana membantu pengguna untuk berbagi foto dengan cepat, mudah, dan ‘indah’. Ini berarti pengguna bisa berbagi foto apa saja dengan tiga hal tersebut yang memang menjadi keistimewaan Instagram.

Namun kini ada sebuah transformasi dari fotografi ke layanan pesan visual. Transformasi ini terlihat dari foto yang sematkan tagar #text. Di tagar tersebut terlihat pelbagai jenis foto-foto Instagram yang memiliki pesan. Terkesan, foto itu berbicara.

Ya foto ini sejenis foto atau gambar bertuliskan teks yang dialamatkan ke pengguna tertentu. Bisa pula dikatakan sebuah foto namun berisi teks di dalamnya. Seakan, foto yang dibagikan tidak untuk dinikmati keindahannya. Namun, penikmatnya dituntut untuk membaca teks apa yang tertuliskan.

Kemudian Instagram menelurkan fitur video. Sekali lagi, ini bertentangan dengan jati diri mereka terkait aplikasi berbagi foto. Inovasi yang ada ditengarai sebagai penjegal Vine atau murni memang Instagram lakukan gebrakan dengan hadirkan fitur mutakhir.

Sejurus dengan dua fenomena di atas, jurnalis The Next Web Matthew Panzarino berikan analisis tentang kemungkinan hadirnya Instagram Messenger. Sebab, terjalin pola komunikasi yang tak biasa di konten foto yang mengalir di Instagram. Ini bisa dilihat dari foto-foto yang bersliweran dengan tagar #text.

Melihat sejumlah foto di tagar tersebut seakan gambar yang mengalir berbicara. Foto yang ada membawa pesan dibalik makna berbagi foto itu sendiri yang diunggah. Apakah Facebook umumnya dan Instagram khususnya miliki minat untuk hadirkan layanan ini? Kemungkinan Instagram Messenger tetap ada tapi entah apakah akan terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda