Scroll to Top

Makanan yang Pantang Dikonsumsi Bersama Susu

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 15 Sep 2011

Siapa tidak kenal susu? Minuman berwarna putih yang kebanyakan diambil dari memerah sapi ini dikenal memiliki banyak khasiat. Ada juga susu nabati yang berasal dari kedelai. Apa pun jenisnya, kandungan nutrisi susu bermanfaat bagi peminumnya dari muda sampai tua. Meski pun, ada juga orang yang tidak boleh mengonsumsi susu karena alasan tertentu.

Di balik manfaat susu, ternyata dalam penyajiannya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara bersamaan dengan susu. Karena, akan terjadi proses kimiawi yang tidak selaras dari kandungan makanan dan susu. Jika dikonsumsi bersama, malah merugikan kesehatan.

Pertama, jangan makan coklat sembari minum susu. Tubuh bisa memicu terbentuknya kalsium oksalat dari campuran kalsium susu dengan kandungan asam oksalik pada coklat. Jika sudah begitu, maka keduanya tidak bisa dicerna dan dapat memunculkan diare.

Selanjutnya, produk susu seperti yoghurt, es krim, dan sebagainya juga perlu diwaspadai saat dimakan bersama brokoli, kedelai, dan bayam. Karena, saat  olahan susu bertemu dengan makanan tersebut, akan memberi efek negatif dalam proses metabolisme kalsium dari produk susu.

Terakhir, hindari minum susu kedelai dengan telur.  Telur adalah makanan kaya protein. Sedangkan, susu kedelai mengurangi kinerja enzim protease. Jika dikonsumsi bersama, tubuh tidak bisa mengolah semua protein dari telur karena keterbatasan aktivitas protease.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda