jerukJika Anda memakan buah jeruk, maka jangan buru-buru buang kulitnya. Kulit jeruk ternyata memiliki manfaat sangat besar bagi kecantikan. Ia bisa menghilangkan kulit berminyak, meringkas pori, menghilangkan peradangan, menyembuhkan jerawat, menghilangkan noda, meratakan warna kulit, juga memutihkan.

Caranya mudah sekali; cukup keringkan kulit jeruk selama beberapa hari, lalu giling hingga menjadi bubuk halus. Nah, bubuk kulit jeruk itu yang nanti akan digunakan menjadi bahan ramuan bagi perawatan kecantikan Anda.

Berikut ini resep membuat ramuan kecantikan dengan bahan dasar kulit jeruk yang sudah halus itu:

  • Masker kulit jeruk dan yogurt.

Ambil 1 sendok bubuk kulit jeruk, lalu tambahkan dengan 1 sendok yogurt tanpa rasa. Oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama setengah jam, lalu basuh dengan air dingin. Manfaatnya adalah menyegarkan, membuang kulit mati dan meringkas pori kulit wajah Anda.

  • Masker kulit jeruk dan madu

Ambil 1 sendok bubuk kulit jeruk, tambahkan dengan madu dan air jeruk nipis. Gunakan sebagai masker dan diamkan 15 hingga 25 menit. Cuci dengan air dingin. Manfaatnya adalah menghaluskan kulit dan membuatnya seperti kulit bayi.

  • Masker kunyit

Ambil 1 sendok bubuk kulit jeruk, serta parutan kunyit. Campur kedua bahan dengan sedikit madu. Gunakan sebagai masker dan diamkan hingga 30 menit. Cuci dengan air bersih. Manfaatnya mencerahkan dan memutihkan kulit wajah.

Dilansir oleh Boldsky, cara demikian manjur untuk membuat kulit Anda lebih cantik, sebab kulit jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selamat mencoba.