Sayur dan Buah yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

makanan untuk diabetes

Diabetes adalah penyakit yang akan diidap seumur hidup, sehingga sekali Anda didiagnosis menderita penyakit tersebut, maka seumur hidup Anda harus menjadi pemilih makanan. Karena itu seorang penderita diabetes harus tahu apa saja jenis makanan yang tidak boleh mereka konsumsi, dan mana yang boleh.

Mereka harus menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi, sebab jenis makanan tersebut akan meningkatkan gula darah mereka dengan cepat.

Apa saja jenis sayur dan buah serta makanan yang seharusnya dibatasi asupannya oleh penderita diabetes? Berikut ini di antaranya:

  • Kentang. Kentang kaya zat tepung, gula, dan punya indeks glikemik tinggi. Anda harus menghindarinya dalam bentuk apapun.
  • Ubi. Ubi penuh dengan zat tepung dan gula. Ia sama buruknya dengan kentang bagi penderita diabetes.
  • Kacang. Kacang memang tidak mengandung gula, namun mereka kaya zat tepung. Konsumsi dalam jumlah terbatas masih bisa ditolerir.
  • Buah bit. Buah bit seperti juga kentang dan ubi, tumbuh di bawah tanah dan menyerap semua zat yang membuat mereka kaya gula. Konsumsi buah bit sebaiknya hanya 1 kali seminggu agar gula darah Anda tak naik drastis.
  • Labu kuning. Indeks glikemik buah ini sangat tinggi. Sebaiknya hindari saja mengonsumsinya atau konsumsi dalam jumlah sangat sedikit.
  • Tomat. Jika Anda terpaksa mengolah tomat sebagai sayur, maka konsumsi dalam jumlah terbatas.
  • Jagung. Jagung terutama jagung manis akan membuat gula darah Anda naik drastis. Zat tepung atau patinya tinggi, jadi sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedikit atau hindari sama sekali.

Demi kesehatan, memang semua makanan tersebut harus Anda perhatikan jumlah asupannya.

 

Komentar Anda

Leave A Response