Scroll to Top

PCMark: Software Benchmark Populer akan Hadir di Android, iOS & Windows RT

By Ditya / Published on Friday, 28 Jun 2013
PCMark 8
PCMark 8

Menyusul 3DMark, pengembang perangkat lunak benchmark Futuremark dikabarkan akan menghadirkan perangkat lunak benchmark PCMark ke platform mobile, seperti Android, Apple iOS, dan Windows RT. PCMark sendiri adalah perangkal lunak benchmark yang mengukur kinerja sebuah perangkat secara keseluruhan, seperti menjalankan aplikasi dan skenario lainnya.

“Seperti rekan Windows-nya, PCMark untuk platform mobile akan menampilkan tes benchmark berdasarkan skenario penggunaan umum. Dengan berfokus pada kegiatan dan tugas-tugas yang pemilik smartphone dan tablet yang dilakukan setiap hari, PCMark mobile akan memberikan pandangan kinerja sistem dunia nyata dan daya tahan baterai untuk perangkat mobile modern,” pernyataan Futuremark.

Pengembang aplikasi Futuremark ini menggandeng produsen perangkat mobile untuk bergabung dengan Benchmark Development Program (BDP) yang digagas oleh Futuremark. Saat ini PCMark versi Windows BDP telah menggandeng AMD, Intel, Seagate, Nvidia, Western Digital, dan banyak lagi.

Futuremark sendiri baru saja merilis perangkat lunak PCMark 8 Professional yang menjadi standar perangkat lunak benchmark terbaru bagi komputer atau notebook dengan sistem operasi Windows 8. PCMark 8 Professional ini juga hadir dengan dukungan untuk prosesor generasi baru, seperti Intel Haswell dan AMD APU Richland.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (27/06/2013), sampai saat ini belum diketahui kapan Futuremark ini akan merilis PCMark Mobile untuk Android, iOS, dan Windows RT. Tampaknya, rilis aplikasi benchmark ini tak akan lama lagi.

Seperti yang kita ketahui, platform Android dan iOS telah tersedia beberapa aplikasi benchmark yang cukup populer, sebut saja Geekbench, AnTuTu, Quadrant, NenaMark, GLBenchmark, dan banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda