Scroll to Top

Belum Digaji dan Kena Pukul, Wasit IPL Mengadu ke PSSI

By Aditya / Published on Friday, 28 Jun 2013

wasit dipukul IPL

Tidak hanya di kompetisi Indonesia Super League (ISL), wasit yang bertugas di kompetisi Indonesia Premier League (IPL) pun ternyata mengalami tindak kekerasan dari pemain. Selain itu, sejumlah pengadil IPL juga memperoleh gaji selama 2 musim. Mereka pun mengadukan masalah ini kepada PSSI. Para wasit IPL itu berharap, PSSI bisa bersikap tegas untuk menekan PT Liga  Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku pengelola IPL.

Aksi kekerasan terhadap wasit baru-baru ini terjadi di laga IPL saat PSLS Lhokseumawe menjamu Persepar Palangkaraya. Penjaga gawang Persepar, Sukasto Efendi, lepas kontrol dan menyerang wasit hingga terkapar. Sukasto Efendi tampaknya tidak terima atas keputusan wasit setelah gawangnya kebobolan menjelang laga usai.

Tak hanya itu. Nasib miris pengadil IPL masih berlanjut karena ada 11 wasit dan asisten wasit yang belum menerima gaji selama dua musim. Mereka pun datang ke kantor PSSI dengan tujuan untuk mengadukan persoalan tersebut.

“Kami datang ke sini ingin menuntut hak kami. Kami belum dibayar sejak musim lalu hingga beberapa bulan ini,” keluh salah seorang wasit saat  mengadu ke PSSI di Jakarta belum lama ini.

Ke-11 pengadil lapangan hijau itu sudah habis kesabarannya karena LPIS hanya menebar janji belaka. Bahkan, ke-11 wasit tersebut akhirnya memutuskan mogok bertugas karena tidak memperoleh gaji.

“Kenapa kami baru melaporkan sekarang, karena kami sudah cukup sabar. Kami sudah berusaha menemui mereka (LPIS), tapi jawabannya hanya janji-janji yang sampai sekarang tidak terpenuhi. Akhirnya kami memilih mogok untuk tidak memimpin pertandingan sejak beberapa waktu lalu,” tandas wasit tersebut.

“Makanya kami juga sekaligus melaporkan kepada Komdis dan PSSI untuk membantu kami dan menekan LPIS melunasi gaji kami,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda