Neymar Jalani Debut di Barcelona, Duel vs Santos

Neymar akan menjalani debutnya berseragam Barcelona dengan cara unik, berduel dengan mantan klubnya, Santos. Laga Barca vs Santos sendiri rencananya digelar pada 3 Agustus 2013 mendatang dalam rangka perebutan Trofi Joan Gamper.

Sesuai kesepakatan kedua klub dalam transfer Neymar ke Barcelona, disebutkan bahwa salah satu syarat dilepasnya pemain internasional Brazil ke klub Catalan, adalah diadakannya pertandingan persahabatan antara Santos dan Barcelona. Tidak hanya sekali, tetapi dua kali. Yang pertama, tentu yang akan digelar di Trofi Joan Gamper tersebut. Sedangkan yang kedua, akan berlangsung di Brazil, pada waktu yang belum ditentukan.

Tiket untuk Joan Gamper Trophy yang mempertemukan klub lama dan klub masa depan Neymar tersebut, sudah bisa dipesan sejak Rabu, 3 Juli 2013 mendatang. Harganya merentang dari 19 hingga 89 Euro. Yang unik, para socios akan mendapatkan diskon sebesar 25% dari harga yang ditetapkan.

Dan, Barcelona sendiri, akan mengenakan seragam unik pada laga kali ini. Nomor punggung dan nama pemain Barca, didesain oleh Anna Vives, gadis yang mengalami Down Syndrome. Penggunaan desain khusus Anna Vives ini merupakan bentuk kerjasama antara FCB Foundation dengan Fundació Itinerarium.

Dalam sejarahnya, Joan Gamper Trophy sering digunakan Barcelona untuk memamerkan bakat-bakat muda mereka. Dari 47 kali gelaran yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1966, Barca sudah memenangi 35 trofi di antaranya. Musim lalu, para pemain muda klub Catalan harus ambruk dari Sampdoria dengan skor tipis 1-0.