Scroll to Top

Otot Jadi Pendek Jika Posisi Tubuh Terbiasa Salah

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 15 Sep 2011

Permasalahan otot cukup mengganggu kala rasa pegal menghinggapi. Rasa tersebut bisa menyerang pada berbagai bagian tubuh.  Karena, gerakan menjadi tidak maksimal akibat terasa nyeri.

Biasanya rasa tidak nyaman itu akan hilang dengan sendirinya dalam 24-72 jam. Pegal biasanya terasa nyeri tumpul saat otot dipakai untuk bergerak. Penyebabnya bisa akibat trauma, stres, atau menggunakan suatu bagian otot secara kontinyu. Jangan anggap enteng. Karena, biasanya akan mempengaruhi produktivitas.

Daripada terkena pegal dan permasalahan otot lainnya, lebih baik lakukan upaya pencegahan. Caranya, tubuh harus senantiasa dibiasakan duduk dan berdiri pada postur yang benar. Yaitu, tidak terlalu bungkuk atau terlalu tegak. Begitu juga perhatikan posisi tubuh saat mengangkat barang dari bawah.

“Gunakan daya otot paha saat mengangkat barang berat dan gunakan bangku atau tangga sewaktu mengambil barang di tempat tinggi,” kata dr. Michael Triangton, SpKO, pakar kebugaran dan olahraga. Kesalahan postur tubuh saat mengangkat barang dapat meregangkan otot secara tiba-tiba yang berakibat munculnya sakit pinggang.

Membiasakan diri dengan postur tubuh yang benar sebenarnya baru bisa dirasakan efeknya dalam jangka panjang. Jika Anda terbiasa menerapkan postur tubuh yang salah, maka dalam jangka panjang membuat otot memendek. Akibatnya, gerak Anda menjadi serba terbatas.

 

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda