Scroll to Top

Uni Eropa: Digital Marketplace Harus Bersatu Menghentikan Malware

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 14 Sep 2011

Digital marketplace atau mungkin lebih dikenal sebagai app store (Mac App Store, Android Market, Nokia Ovi Store dsb) menurut Uni Eropa harus bersatu dan bekerjasama dalam meningkatkan keamanan dari kegiatan download di app store mereka, sebagaimana yang dikutip dari pernyataan agensi keamanan Uni Eropa. Mereka mengatakan keamanan sama pentingnya dengan fungsionalitas.

Marnix Dekker, co-author dari agensi keamanan cyber ENISA melaporkan bahwa saat ini, tak ada insentif pada para pengembang untuk meningkatkan keamanan aplikasi buatan mereka.

Maka dari itu, laporan mengenai keamanan tersebut memberi langkah detil mengenai apa saja yang harus dilakukan demi meningkatkan keamanan pengguna, dan mereka juga mempromosikan ide sekaligus rekomendasi yang mengatakan bahwa harus ada reputasi keamanan dari pengembang/developer. Daripada aplikasi yang direkomendasikan hanya berisi mengenai fungsionalitas saja, pengguna bisa belajar bagaimana keamanan aplikasi dikembangkan.

Namun konsep ini bisa berjalan baik jika saja para app store ini bekerja sama.

Laporan ini juga mengatakan bahwa, para produsen smartphone membuat semacam lingkungan untuk menguji aplikasi yang baru diunduh. Hal ini memastikan para pemilik smartphone nantinya tidak terjebak oleh aplikasi jahat yang bisa mengambil alih data pribadi atau mengendalikan perangkat mereka. (via CultOfMac)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda