Scroll to Top

Dettifoss, Air Terjun Garang di Eropa

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 29 Jun 2013

dettifoss

Di Eropa terdapat air terjun yang sangat kuat alirannya, yaitu Dettifoss. Garangnya air terjun ini ditunjukkan dengan kenyataan bahwa dalam setiap detiknya mampu membawa air hingga 193 meter kubik. Debit air ini akan lebih tinggi lagi pada cuaca tertentu atau saat terjadinya aktivitas vulkanik. Sebab, lapisan es yang mencair dan membuat laju air semakin deras.

Air terjun Dettifoss berada di Taman Nasional Vatnajokull di Northeast Islandia. Saat menuju ke bawah, air tersebut menimbulkan getaran pada batu-batu yang dikenainya. “Tabrakan” air dari atas menuju bebatuan di bawahnya terjadi begitu keras. Saat musim gugur, lebarnya mencapai 100 meter . Tinggi air terjun mencapai 45 meter yang menghubungkan ke lembah Jokulsargljufur.

dettifoss

Dettifoss berada di antara dua tebing. Dari sisi barat dapat dilihat seluruh penampakan air terjun mulai dari atas hingga jatuhnya air ke lembah. Pengunjung dapat melihat dari bendungan lava dan garis patahan. Sungai yang menjadi muara air terjun ini dipenuhi dengan batuan sedimen. Jika sedang banjir, sedimen dan puing-puing yang ada ikut larut bersama air.

Jika berkunjung ke Dettifoss, kurang lengkap bila tidak mengunjungi air terjun lain yang lokasinya berdekatan. Dikutip Amusing Planet, masih ada air terjun Selfoss dan Hafragilsfoss yang dapat dinikmati. Lokasinya ada di selatan dan utara dari air terjun Dettifoss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda