Scroll to Top

Terbang Pakai British Airways Boleh Menyalakan Ponsel

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 29 Jun 2013

ponsel

Sebuah maskapai penerbangan di Inggris mengizinkan penumpangnya untuk mengaktifkan ponsel di pesawat. Adalah British Airways, yang segera memberlakukan kebijakan tersebut terhitung mulai 1 Juli 2013. Penumpang diperbolehkan untuk menyalakan piranti elektronik yang dibawanya selama dalam penerbangan. Tidak ada larangan lagi untuk hal tersebut. Demikian kabar yang dikutip BBC.

“Penumpang tidak akan lagi mendapatkan frustrasi karena harus menunggu pesawat mereka tiba di gedung terminal sebelum bisa menggunakan telepon seluler dan perangkat elektronik lainnya,” ujar manajer pelatihan penerbangan British Airways, Ian Pringle.

Selama ini larangan menyalakan perangkat elektronik diduga karena memberikan pengaruh pada sistem navigasi udara. Gelombang yang muncul dari ponsel, misalnya, diperkirakan bisa mengganggu fungsi elektronik pesawat ketika sedang take off maupun landing. Dalam peraturan baru British Arways, piranti elektronik baru boleh dinyalakan saat pesawat benar-benar terbang di angkasa.

Maskapai ini meyakini bahwa kebijakan terbarunya tidak akan menganggu masalah keamanan penerbangan. Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) telah merestui keputusan tersebut. Sementara itu, kebijakan pembolehan menyalakan ponsel ini menjadi pertama kalinya dilakukan maskapai di Eropa. Sebenarnya beberapa maskapai juga telah memiliki kebijakan yang sama.

Dalam menyalakan ponsel maupun piranti elektronik lain, dilarang ketika pesawat hendak lepas landas sampai menuju ketinggian 3.050 meter (10.000 kaki). Ini harus diperhatikan para penumpang sebelum meraka asyik memainkan gadgetnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda