Scroll to Top

Cara Mudah Memperhatikan Kecantikan Kaki

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 29 Jun 2013

kaki

Kalau Anda peduli dengan wajah, seharusnya Anda juga peduli merawat bagian tubuh lain seperti kaki. Kaki yang tidak terawat juga memicu ketidakpercayaan diri. Bayangkan Anda tampil tanpa alas kaki lalu orang-orang melihat kaki Anda mengalami kutu air atau kuku rusak. Hal seperti itu bisa membua rendah diri.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa cara untuk peduli dengan kaki Anda:

  1. Pilih alas kaki yang tepat. Gunakan sandal atau sepatu yang ukurannya masih longgar saat dipakai. Sepatu yang sempit membuat kaki sakit dan berpotensi menimbulkan kerusakan kuku. Pastikan pula tumit masuk dengan tepat pada sepatu.  Kalau membeli sepatu sebaiknya lakukan sore hingga malam karena ukuran kaki biasanya lebih lebar. Pilihlah sepatu dari bahan alami atau  mengandung katun agar kaki tetap dingin. Sebaiknya minimal punya dua sepatu sehingga bisa dipakai bergantian, sementara sepatu lain dicuci. Dan, pasikan memakai sepatu dalam keadaan kaki kering untuk mencegah hadirnya bakteri yang membuat bau.
  2. Luangkan untuk jalan-jalan secara rutin. Kaki yang sering digunakan aktif bergerak akan lebih menguatkannya dan lebih mampu mendukung berat badan saat berjalan. Kekuatan otot, tendon, dan ligamen makin baik dan fleksibel.
  3. Rajin cuci kaki Anda. Setelah beraktivitas seharian, kaki perlu dibersihkan dari kelembaban dan keringat. Mencuci kaki dapat menghilangkan jamur dan bakteri yang ada di sela-sela kaki. Kedua parasit tersebut jika terakumulasi bisa menyebabkan berbagai masalah kaki, seperti kutu air, gatal-gatal, dan sebagainya.
  4. Lembabkan kaki. Kaku rentan dengan kekeringan yang berujung muncul pecah-pecah. Pakai lotion khusus kaki sebelum tidur malam dan kenakan kaos kaki.
  5. Lakukan pedikur walaupun dengan cara sederhana.  Sebulan sekali Anda bisa melakukan pedikur dengan cara merendam kaki dengan air hangat dan mengelupaskan kulit mati di kaki memakai gosokan tangan.  Ini bisa dilakukan di rumah atau salon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda