Scroll to Top

Inilah Risiko Melakukan Implan Payudara

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 29 Jun 2013

implan

Untuk memiliki badan seksi, sebagian wanita memilih melakukan implan payudara. Dengan bedah ini memang akan membuat ukuran payudara seketika lebih besar. Banyak wanita yang bangga memiliki ukura payudara besar. Konon banyak pria menyukai fisik wanita seperti ini.

Tapi, perhitungkan risikonya dahulu kalau mau implan. Pasalnya, risikonya akan Anda tanggung selama implan tersebut masih menempel di tubuh. Mungkin payudara akan segera berubah dari ukuran B ke D. Hanya saja, risiko terjadinya kerusakan implan tersebut tetap ada menurut FDA.

Dikutip dari Times of India, saat implan payudara rusak, maka silikon bisa berpindah ke bagian tubuh lainnya. Kerusakan implan menimbulkan masalah cukup serius seperti fibromyalgia atau masalah tiroid. Bentuka kerusakan implan contohnya yaitu bocor atau pecah.

Saat ini ada tiga jenis implan payudara yang banyak dipakai, yaitu:

  1. Implan saline. Implan ini memiliki cangkang silikon elastomer yang kuat dan diisi dengan larutan garam steril pada saat pembedahan. Implan ini berisiko terjadinya infeksi bakteri, perdarahan, masalah lain di bagian payudara.
  2. Implan silikon. Inilah implan paling umum dipakai yang berisi penuh dengan gel silikon kental.
  3. Implan berkomposisi alternatif. Implan yang digunakan memiliki beberapa komposisi seperti minyak kedelai, tali polypropylene, dan sebagainya. Namun implan ini tidak diproduksi lagi.

Masalah selanjutnya yaitu, pemakai implan sulit dideteksi dalam pengecekan kanker payudara stadium awal. Implan akan menghalangi proses pengecekan kanker. Dan, setiap implan mempunyai masa kadaluarsa. Jika dibiarkan terus di dalam payudara, implan bisa menimbulkan masalah komplikasi dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda