Scroll to Top

4 Cara Menghindari Stroke Bagi Wanita

By C Novita / Published on Saturday, 29 Jun 2013

hindari stroke

Stroke adalah hal yang mengerikan dan sebisa mungkin baiknya dihindari oleh pria maupun wanita. Sayangnya dengan pola hidup dan makanan yang dikonsumsi saat ini, resiko seseorang mengalami stroke makin besar.

Di Amerika, ada lebih dari 500 ribu kasus stroke pada wanita yang tercatat untuk tahun ini saja. Dilansir oleh Merdeka dari US News, faktor yang menyebabkan seorang wanita dapat terserang stroke adalah usia serta sejarah keluarga alias genetik.

Untuk menghindari resiko timbulnya stroke, berikut adalah hal-hal yang dianjurkan oleh Harvard Women’s Health:

  • Kontrol tekanan darah

Bila Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi, maka sebisa mungkin kontrol kenaikan tekanan darah Anda agar tak drastis terjadi. Stroke biasanya disebabkan oleh kenaikan tekanan darah secara drastis. Caranya tentu hindari segala hal yang memicu terjadinya hal itu.

  • Kontrol berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat membuat resiko stroke meningkat. Ini disebabkan penyakit yang biasanya menyertai kondisi tersebut seperti darah tinggi dan diabetes. Kurangilah berat badan Anda bila dokter mengatakan Anda masuk kategori obesitas.

  • Olahraga

Olahraga akan membuat Anda jadi lebih aktif. Akibatnya, obesitas dan tekanan darah tinggi akan menjauh. Terbukti dalam sebuah penelitian yang mempelajari pengaruh olahraga terhadap resiko stroke, wanita yang aktif jalan kaki lebih dari 3 jam dalam seminggu punya resiko stroke lebih kecil ketimbang wanita yang tak suka berjalan.

  • Aspirin

Obat ini begitu populer di Amerika untuk mengobati penyakit seperti pusing, pegal dan sakit gigi. konsumsi aspirin dosis rendah dapat mencegah penggumpalan darah terjadi. Ini termasuk cara mudah menghindar dari serangan stroke.

Mudah bukan cara menurunkan resiko stroke untuk wanita?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda