Scroll to Top

Sehatkah Mie Dikonsumsi Oleh Anak?

By C Novita / Published on Sunday, 30 Jun 2013

anak makan mie

Penampilan mie yang keriting dan panjang rupanya sangat disukai oleh anak-anak sehingga mereka gemar mengonsumsi makanan ini. Apalagi bila dilengkapi dengan rasa gurih khas mie instan yang tentu tak lupa berisi penyedap masakan jenis MSG.

Pertanyaannya, amankah mie dikonsumsi oleh anak? Beberapa ahli gizi menyatakan bahwa mie sebenarnya tidak masalah dikonsumsi oleh anak-anak, sebab makanan itu merupakan salah satu sumber asupan kalori bagi tubuh.

Syaratnya adalah, bahan pembuat mie tersebut hanya mencakup tepung terigu, telur, dan air. Bisa juga diberi variasi tambahan seperti dalam mie sayuran yang sedang tren saat ini, yaitu adonan mie ditambahi sari sayur wortel atau sawi sebelum digiling dengan mesin pembuat mie.

Untuk mendapatkan mie sehat dan aman dikonsumsi oleh anak tentu Anda harus meracik sendiri mie tersebut. Sedikit repot memang, namun kesehatan putra dan putri Anda akan jauh lebih terjaga.

Mie instan atau mie buatan pabrik biasanya tak akan lepas dari zat pengawet atau bahan tambahan lain yang berguna untuk meningkatkan tekstur dan membuatnya tak lekas rusak.

Zat ini bila dikonsumsi anak terus-menerus akan menumpuk dan menjadi racun bagi tubuh mereka serta dalam jangka panjang dapat membuat kesehatannya terganggu. Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan?

“Mie dengan kandungan zat kimia tambahan yang banyak jangan (dikonsumsi) karena efek jangka panjangnya tidak bagus untuk kesehatan anak,” kata Atin Murafiatin, seorang ahli gizi seperti dilansir DetikFood 25/06/13.

Jika dilihat dari segi nutrisinya, mie tak kalah baik dengan nasi. Dalam 200 gram mie terdapat 175 kalori yang setara dengan nasi sebanyak 100 gram. Jadi sebenarnya anak dapat memperoleh kebutuhan karbohidratnya dari makanan ini juga. Tentu selama bahan pembuatnya aman dan sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda