Scroll to Top

Prediksi Brazil vs Spanyol, Final Piala Konfederasi 2013

By Wan Faizal / Published on Sunday, 30 Jun 2013

Hulk-Fred-Luiz

Laga puncak Piala Konfederasi 2013 akhirnya akan digelar pada Senin (30/6/2013) pukul 05.00 WIB, di Stadion Maracana. Pertemuan antara Brazil vs Spanyol dianggap publik sebagai final idaman karena dua negara tersebut merupakan penguasa sepakbola dunia saat ini, dan berpotensi masih akan berlanjut dalam satu dekade mendatang.

Brazil mencapai final turnamen ini dengan cara yang sempurna. Tiga pertandingan grup plus satu laga semifinal berhasil mereka menangi dengan catatan mengemas 11 gol dan gawang Julio Cesar dibobol tiga kali oleh lawan. Performa yang ditunjukkan anak asuh Luiz Felipe Scolari juga terhitung stabil. Apalagi Felipao tak melakukan perubahan besar dalam setiap susunan pemain yang ia mainkan dalam empat pertandingan sebelumnya yang menjadi jaminan bahwa kekompakan tim akan terjaga.

Melawan Spanyol, skuad Brazil mengaku ini adalah kesempatan mereka untuk menakar kekuatan diri sendiri jelang Piala Dunia tahun depan.

“Saya sangat menantikan pertandingan final lawan Spanyol. Saya yakin rekan setim juga demikian. Kami punya kesempatan untuk mengukur kemampuan kami melawan tim juara dunia. Kami menghormati dan mengagumi kekuatan mereka, tapi kami akan bermain maksimal, mengembangkan diri, dan bermain dengan cara kami sendiri,” ujar Neymar.

Spanyol sendiri melangkah ke laga final dengan superior pula. Lawan Tahiti memang bisa dibilang merupakan sebuah “bonus”, namun anak-anak Matador masih sanggup mengatasi perlawanan Uruguay dan Nigeria di fase grup, serta menang adu penalti dari Italia di semifinal.

Kelelahan karena bermain ekstra saat kontra Italia tak akan dijadikan alasan oleh pelatih Vicente del Bosque karena bermain di Maracana merupakan impian sejak kecil bagi para pemain Spanyol.

“Brazil telah memenangi lima Piala Dunia dan tiga Piala Konfederasi, serta mereka bermain di hadapan publik sendiri. Bagi kami, ini adalah sebuah mimpi yang jadi nyata bisa bermain di Maracana,” tuturnya.

Namun Del Bosque harus ingat kisah 63 tahun lalu. Saat itu Spanyol dihajar Brazil 6-1 di Stadion Maracana. Sementara pertemuan terakhir mereka terjadi dalam laga persahabatan pada 14 tahun silam yang berakhir dengan skor 0-0.

Well, siapa kah yang akan tersenyum saat wasit Bjorn Kuipers meniup peluit akhir pertandingan nanti?

Perkiraan susunan pemain:

Brazil (4-3-3): 12. Julio Cesar; 2. Dani Alves, 3. Thiago Silva, 4. David Luiz, 6. Marcelo; 17. Luiz Gustavo, 18. Paulinho, 11. Oscar; 19. Hulk, 10. Neymar, 9. Fred. Pelatih: Luiz Felipe Scolari

Spanyol (4-2-3-1): 1. Iker Casillas; 17. Alvaro Arbeloa, 15. Sergio Ramos, 4. Gerard Pique, 18. Jordi Alba; 16. Sergio Busquets, 8. Xavi Hernandez; 6. Andres Iniesta, 21. David Silva, 11. Pedro Rodriguez; 9. Fernando Torres. Pelatih: Vicente del Bosque

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda