Scroll to Top

Apple iPhone Genap Berusia 6 Tahun

By Ditya / Published on Sunday, 30 Jun 2013
iPhone
Apple iPhone Generasi Pertama

Smartphone Apple iPhone generasi pertama kini telah genam berusia 6 tahun saat ini. Smartphone yang diluncurkan Apple pada tahun 2007 ini datang dengan membawa gebrakan inovasi yang tak dimiliki smartphone saat itu, yakni layar full touchscreen berjenis kapasitif.

iPhone generasi pertama ini diluncurka Apple pada 29 Juni 2007 lalu dengan harga US $299 atau sekitar Rp 2,9 jutaan dengan kontrak operator dan $499 atau sekitar Rp 4,9 jutaan tanpa kontrak operator untuk model dengan memori internal berkapasitas 4GB.

Spesifikasi yang diusung oleh Apple iPhone generasi pertama ini termasuh canggih pada tahun 2007, meski saat ini sudah dianggap teknologi jadul. iPhone generasi pertama datang dengan layar berukuran 3,5 inci dengan teknologi touchscreen kapasitif dengan resolusi HVGA 480 320 piksel.

Berbekal layar 3,5 inci membuat iPhone generasi pertama ini terlihat kecil dan nyaman digenggam. Bandingkan dengan smartphone generasi baru yang mengusung layar berukuran 4 inci atau lebih besar lagi. iPhone 5 sendiri yang merupakan generasi terbaru juga mengusung layar berukuran 4 inci.

Sektor dapur pacu, Apple iPhone generasi pertama ini ditenagai oleh prosesor ARM11 single-core dengan kecepatan 412MHz yang dipadukan dengan pengolah grafis dari PowerVR SGX Lite dan memori RAM sebesar 128MB. Bandingkan dengan smartphone era sekarang yang rata-rata telah ditenagai prosesor dual-core dan quad-core dengan kecepatan di atas 1GHz.

iPhone Evolusi

iPhone generasi pertama ini tak mendukung konektivitas 3G, hanya mendukung teknologi 2G yang cukup lambat. Sektor kamera, iPhone generasi pertama ini bersenjata kamera 2 megapiksel fixed focus. Bandingkan dengan iPhone 5 yang mengusung resolusi 8 megapiksel autofokus.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (29/06/2013), jika manusia berulang tahun akan bertambah tua dan dewasa, lain halnya dengan smartphone yang semakin tua semakin tertinggal. Saat ini iPhone telah mengalami evolusi yang cukup pesat melalui iPhone 3G, 3GS, 4, 4S, danyang terbaru iPhone 5.

Meski iPhone generasi pertama saat ini adalah sebuah smartphone jadul, tetapi ia adalah legenda smartphone yang datang dengan gebrakan inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda