Scroll to Top

Luiz Felipe Scolari vs Vicente Del Bosque Dalam Angka

By Wan Faizal / Published on Sunday, 30 Jun 2013

VDB-LFS

Bicara mengenai Piala Konfederasi 2013 tentu akan susah habisnya. Termasuk membicarakan persaingan antara dua pelatih negara yang akan bermain di laga final nanti, yakni Luiz Felipe Scolari di kubu Brazil dan Vicente del Bosque di tim Spanyol. Keduanya jelas bukan pelatih sembarangan karena bisa membawa negara masing-masing tampil di laga final.

Bagaimana perbandingan kejeniusan dua sosok sentral di kubu Brazil dan Spanyol tersebut? Berikut adala beberapa perbandingannya:

  • Gelar liga domestik sebagai pemain: Felipao 0-5 Del Bosque

Dalam hal ini, Del Bosque memang lebih hebat dibanding Felipao. Hal itu bisa dimaklumi mengingat selama kariernya sebagai pemain, Del Bosque bermain untuk Real Madrid. Ia membantu Los Merengues meraih lima gelar juara liga pada kurun 1974-1980. Jumlah itu masih ditambah dengan raihan empat trofi Copa del Rey dan ia juga memainkan 400 pertandingan lebih bagi Madrid.

Situasi yang berbeda jauh dialami oleh Felipao. Kariernya sebagai pemain hanya diisi dengan menggalang pertahanan bagi tim-tim lokal sekelas Juventude, Caxias, dan CSA.

  • Gelar liga domestik sebagai pelatih: Felipao 2-2 Del Bosque

Real Madrid memang tak bisa dijauhkan dari Del Bosque. 20 tahun setelah gelar terakhirnya bersama Madrid sebagai pemain, Del Bosque mempersembahkan gelar juara liga pertamanya bersama Madrid pada 2001, dan diulangi lagi pada musim 2002-2003.

Sementara Felipao, bisa meraih gelar bersama dua klub berbeda. Gelar juara liga pertamanya sebagai pelatih ia catat pada 1996 bersama Gremio di Liga Brazil. Pada 2009, ia bersama Bunyodkor menjuarai Liga Uzbekistan dimana saat itu ada Rivaldo di dalam timnya. Sementara saat membesut Chelsea, Felipao gagal total.

  • Gelar juara antar klub sebagai pelatih: Felipao 2-2 Del Bosque

Del Bosque kembali mencatat gelar juara antar klub Eropa bersama Madrid berupa Liga Champions. Gelar pertama ia dapat saat mengalahkan Valencia 3-0 di partai final di Parc des Princes. Sementara gelar kedua ia raih dua musim kemudian di Glasgow saat menumbangkan Bayer Leverkusen 2-1 yang diiringi gol berkelas dari Zinedine Zidane.

Felipao? Dua gelar Copa Libertadores atau Liga Champions-nya benua Amerika Latin berhasil ia raih. Pertama ia sabet pada 1995 bersama Gremio dan empat tahun kemudian Felipao meraih gelar keduanya bersama klub berbeda, Palmeiras.

  • Gelar juara sebagai pelatih timnas: Felipao 2-2 Del Bosque

Felipao lebih dulu berjaya dalam kategori ini. Gelar internasional pertama ia raih bersama Kuwait saat menjuarai Gulf Cup of Nations pada 1990. Namun yang paling mengesankan adalah pada 2002 lalu saat ia membawa Brazil menjuarai Piala Dunia di Korsel/Jepang. Dua gol Ronaldo di babak final sudah cukup untuk mengatasi perlawanan Jerman kala itu.

Sementara gelar yang dimiliki Del Bosque lebih mentereng dan “masih hangat”. Dibilang masih hangat karena dua gelar internasional yang diraihnya adalah pada saat menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 bersama Spanyol.

Del Bosque Euro 2012

Koleksi gelar sebagai pelatih dalam tiga kategori diatas memang berimbang. Namun jika ditambah dengan gelar domestik sebagai pemain, jelas Del Bosque unggul jauh dibanding Felipao. Dan apakah itu merupakan suatu pertanda bahwa Del Bosque akan mengungguli Felipao di laga final nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda