Scroll to Top

6 Manfaat Teh yang Mungkin Belum Diketahui

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 30 Jun 2013

membuat teh

Khasiat teh tidak pernah membosankan untuk dibahas. Masih banyak studi yang menguraikan berbagai manfaat teh untuk kesehatan, kecantikan, dan berbagai kepentingan lainnya. Tumbuhan yang tumbuh di daerah sejuk ini memang sangat enak dibuat minuman dan sekalaigus menyehatkan. Dikutip dari Huffington Post, berikut ini enam manfaat teh bagi tubuh Anda yang mungkin belum Anda ketahui:

  1. Teh membantu menjaga berat badan. Ini terlihat dari studi pada 2011 yang menemukan bahwa konsumsi teh hijau benar-benar dapat menganggu pembentukan lemak dalam tubuh. Sebaiknya, minum teh hijau tanpa tambahan gula jika ingin mendapatkan manfaat ini.
  2. Teh hijau bisa membantu mata untuk melihat lebih baik. Studi pada 2010 menemukan bahwa komponen dalam teh hijau secara positif mempengaruhi jaringan mata yang berkaitan dengan jaringan retina. Sehingga, teh hijau dapat melindungi bola mata Anda.
  3. Teh putih membantu Anda tampil tampak muda. Jumlah polifenol teh ini sangat tinggi. Artinya, tubuh Anda akan melakukan proses regenerasi sel secara optimal, memperkuat elastin dan kolagen, sehingga mencegah timbulnya tanda penuaan. Demikian menurut studi pada 2011.
  4. Teh hitam dapat mengurangi stres. Hormon kortisol atau hormon penyebab stres dapat diturunkan dengan meminum teh ini.  Selain itu, teh hitam dapat menormal tekanan darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.Studi yang dimuat Journal of American Medical Association mengungkapkan bahwa enam bulan rutin menginsumsi teh hitam akan menurunkan tekanan darah sistolik.
  5. Membantu melawan diabetes. Studi pada 2010 menemukan bahwa kafein pada teh membantu mengurangi risiko diabetes secara keseluruhan.
  6. Teh akan menguatkan jantung. Terutama teh hijau, dapat meningkatkan fungsi endotel lebih cepat saat dikonsumsi. Tapi, hindari mengonsumsinya bersama susu karena kasein susu dapat mengurangi manfaat kardioprotektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda