Scroll to Top

Hasil F1 GP Inggris 2013 : Nico Rosberg Menangi Balapan Penuh Drama

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 01 Jul 2013

Nico-Rosberg Juarai F1 GP Inggris 2013

Nico Rosberg berhasil meredam kecepatan Mark Webber pada fase akhir lomba guna memenangkan seri F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone yang berlangsung penuh drama setelah tiga pembalap mengalami pecah ban dalam kurun 15 putaran di awal lomba.

Drama pertama yang terjadi pada putaran kedelapan mendera rekan satu tim Rosberg, Lewis Hamilton, yang sedang berada dalam posisi pimpinan lomba. Roda belakang kiri mobil Mercedes milik Hamilton mengalami pecah ban.

Hal itu memaksakan Hamilton untuk segera mengganti bagian ban yang rusak dan harus rela kehilangan banyak posisi. Vettel yang mengambil keuntungan atas insiden tersebut naik ke posisi pimpinan lomba diikuti Rosberg di posisi kedua.

Tidak lama setelah insiden yang dialami Hamilton, Felipe Massa dari tim Ferrari mengalami hal serupa. Saat hendak keluar dari tikungan, roda belakang kiri milik Massa pecah dan membuatnya tergelincir keluar lintasan. Beruntung Massa masih bisa membawa mobilnya ke pit stop untuk dilakukan perbaikan.

Jean Eric Vergne menjadi korban ketiga keganasan Sirkuit Silverstone setelah roda belakang kiri mobilnya mengalami pecah ban saat sedang mempertahankan posisi dari kejaran duo Lotus.

Barulah kemudian Safety Car keluar mengamankan jalannya lomba, menunggu pembersihan lintasan yang dilakukan oleh marshall.

Drama tidak berhenti sampai di situ dan masih berlanjut ketika mobil Vettel secara mendadak mengalami kerusakan gearbox jelang fase akhir lomba. Insiden tersebut memaksa safety car kembali keluar sebab Vettel memarkirkan mobilnya di tepi trek lurus start/finis.

Lomba pun dilanjutkan dengan Rosberg berada di posisi pimpinan lomba. Sementara Mark Webber dan Fernando Alonso yang memiliki set ban baru dari pit stop sebelum kemunculan safety car, mencoba merangkak naik dari posisi lima dan delapan.

Di putaran-putaran terakhir jelang bubar lomba, Webber telah berada di posisi kedua mengejar Rosberg dengan jarak cukup dekat yakni di bawah satu detik, sedangkan Alonso berhasil naik ke posisi tiga usai mempecundangi Kimi Raikkonen.

Drama pun ditutup oleh Sergio Perez yang kembali mengalami pecah ban di bagian yang sama dan gagal melanjutkan kembali perlombaan.

Posisi tidak berubah hingga akhir lomba dengan Rosberg keluar sebagai pemenang diikuti Webber dan Alonso. Hamilton yang merangkak naik setelah sempat menjadi korban drama pecah ban berhasil finis kelima dibelakang Raikkonen yang finis keempat.

Massa juga berhasil memperbaiki posisinya yang hilang akibat drama pecah ban dengan hasil finis keenam. Adrian Sutil, Daniel Ricciardo, Paul di Resta dan Nico Hulkenberg mengisi empat posisi terakhir di sepuluh besar secara berurutan.

Hasil F1 GP Inggris 2013 :

1. Rosberg Mercedes 1h32:59.456
2. Webber Red Bull-Renault + 0.765
3. Alonso Ferrari + 7.124
4. Raikkonen Lotus-Renault + 7.756
5. Hamilton Mercedes + 11.257
6. Massa Ferrari + 14.573
7. Sutil Force India-Mercedes + 16.335
8. Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 16.500
9. Di Resta Force India-Mercedes + 17.993
10. Hulkenberg Sauber-Ferrari + 19.700
11. Maldonado Williams-Renault + 21.100
12. Bottas Williams-Renault + 25.000
13. Button McLaren-Mercedes + 25.900
14. Gutierrez Sauber-Ferrari + 26.200
15. Pic Caterham-Renault + 31.600
16. Bianchi Marussia-Cosworth + 36.000
17. Chilton Marussia-Cosworth + 1:07.600
18. van der Garde Caterham-Renault + 1:07.700
19. Grosjean Lotus-Renault + 1 lap

Retirements

Perez McLaren-Mercedes 47
Vettel Red Bull-Renault 42
Vergne Toro Rosso-Ferrari 36

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda