Scroll to Top

Lionel Messi Jangan Dijual, Barcelona Tak Butuh Revolusi

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 01 Jul 2013

Lionel Messi Jangan Dijual, Barcelona Tak Butuh Revolusi

Lionel Messi tak mungkin dijual Barcelona, dan juara Liga Spanyol musim 2012-2013 tidak membutuhkan revolusi besar-besaran, demikian yang ditegaskan oleh Cesc Fabregas. Mantan kapten Arsenal juga mengaku Neymar akan sangat membantu Barca musim depan.

“Tak terpikirkan Lionel Messi tidak menjadi bagian klub. Leo adalah pemain paling penting. Ia tak sebanding dengan siapa pun. Lenyapkan Messi, Anda mungkin tidak akan kalah segalanya. Tapi Anda kehilangan sebagian besar yang membuat tim ini kuat,” papar Fabregas seperti dikutip Sport.

“Usaha individualnya demikain besar; sehingga sangat memberi kontribusi untuk seluruh tim, dan klub secara umum,” tambahnya.

Banyak yang menyebutkan, kekalahan Barcelona dari Bayern Munchen di semifinal Liga Champions 2013 menunjukkan bahwa klub Catalan harus melakukan pembenahan besar-besaran. Karena siklus kehebatan mereka sudah habis. Namun, Fabregas tidak sependapat dengan hal ini.

“Setelah takluk dari Bayern, sekian komentar mengarah pada kami untuk mengubah segalanya dalam tim. Hal ini selalu terjadi pada klub besar. Namun, Anda harus memutuskan dengan tenang; dan menganalisis mana yang bisa dikembangkan dan mana yang tidak.”

“Sebagai contoh, Bayern Munchen. Mereka kalah di dua final Liga Champions dan akhirnya juara di kesempatan ketiga (dalam empat tahun terakhir) dengan pemain yang hampir sama. Kadang, perubahan besar tidak terlalu dibutuhkan.”

“Tim Barca yang memenangi treble bersama Pep Guardiola, tak pernah menang dalam dua tahun sebelumnya. Semua orang ingin segalanya berubah. Tapi kemudian mereka menciptakan sejarah dengan tim yang relatif sama hanya dengan tambahan Gerard Pique dan Dani Alves. Jadi, kami harus tenang dan santai (tidak melakukan revolusi besar-besaran,” sebut Fabregas yang mengaku siap memperjuangkan posisinya lebih gigih lagi musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda