Scroll to Top

Brazil Semakin Dominan di Piala Konfederasi

By Wan Faizal / Published on Monday, 01 Jul 2013

Brazil 2013

Tiga gol dari Fred, Neymar, dan Fred lagi sukses membuat Brazil keluar sebagai yang terbaik di ajang Piala Konfederasi 2013. Gelar ini jelas semakin mengukuhkan status Brazil sebagai raja di Piala Konfederasi dengan empat gelar, jauh meninggalkan negara lain yang pernah meraih gelar serupa.

Gelar pertama Tim Samba diraih pada 1997 silam. Dalam gelaran di Saudi Arabia tersebut, Romario dkk berhasil menyingkirkan Australia, Meksiko, dan tuan rumah di fase grup. Republik Ceko kemudian menjadi negara yang gagal menghadang laju Brazil di semifinal sebelum Australia dibantai 6-0 di laga final. Kala itu enam gol yang tercetak dibagi rata oleh Ronaldo dan Romario.

Trofi kedua hadir tahun 2005 di Jerman. Meksiko yang kali ini ditemani Jepang dan Yunani juga tak kuasa menahan laju Brazil untuk lolos ke semifinal guna bertemu dengan Jerman. Berhasil menang 2-3 atas tuan rumah, Selecao keluar sebagai yang terbaik setelah menghajar Argentina 3-1 di babak final.

Perjuangan berat untuk merengkuh trofi yang mempertemukan para juara ini baru dirasakan Brazil di final Piala Konfederasi 2009. Dalam laga pamungkas, mereka sempat tertinggal oleh dua gol Landon Donovan di babak pertama. Ajaibnya, di paruh kedua Brazil sukses membalikkan keadaan dan akhirnya berpesta di Afrika Selatan kala itu.

Tiga gelar tersebut dilengkapi dengan hasil manis di rumah sendiri di gelaran tahun 2013. Menghadapi sang juara dunia dan juara Eropa, Spanyol, Brazil tampil perkasa dan menang telak 3-0.

Empat trofi yang dimiliki saat ini memperlebar jarak dengan Prancis yang “hanya” mengoleksi dua gelar. Berikut adalah para pemenang dalam sejarah Piala Konfederasi:

  • 4 trofi: Brazil (1997, 2005, 2009, 2013)
  • 2 trofi: Prancis (2001, 2003)
  • 1 trofi: Argentina (1992), Meksiko (1999), Denmark (1995)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda