Scroll to Top

Neymar Pemain Terbaik Piala Konfederasi 2013

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 01 Jul 2013

Neymar

Neymar yang tampil memukau di Piala Konfederasi 2013 akhirnya dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen ini. Ia meraih Sepatu Emas (Golden Ball), dan mengalahkan lima kandidat lain, termasuk Andres Iniesta (runner-up, silver ball) dan Paulinho (peringkat ketiga, bronze ball).

Sebelumnya, FIFA telah merilis enam pemain yang akan mendapatkan Golden Ball di Piala Konfederasi tahun ini. Selain ketiga nama di atas, ada Andrea Pirlo (Italia), Luis Suarez (Uruguay), hingga Sergio Ramos (Spanyol). Dan di partai final yang digelar pada Senin, 1 Juli 2013, Neymar membuktikan kualitasnya dengan mencetak 1 gol kemenangan Brazil atas Spanyol 3-0.

Keberhasilan Neymar menjadi pemain terbaik turnamen empat tahunan ini bukan hanya membuktikan bahwa Brazil masih digdaya di antara negara top dunia. Tetapi juga membuktikan kapasitas ‘Ney’. Sebelumnya, ketika sang pemain muda menyepakati transfer ke Barcelona, banyak yang memandang miring pada pria yang kehidupannya sangat glamor ini. Neymar dianggap hanya sensasi media Brazil untuk membuat mereka tidak kalah dengan Lionel Messi dari Argentina.

Namun, kesan sinis itu pudar setelah suguhan Neymar sepanjang Piala Konfederasi 2013. Ia mengemas 4 gol dari lima pertandingan. Tidak hanya itu, pergerakannya di lapangan bagai memorak-porandakan lawan-lawan Brazil. Mulai dari Jepang, Meksiko, Italia, Uruguay, hingga terakhir Spanyol. Buktinya, FIFA menobatkannya menjadi man of the match dalam empat dari lima laga Selecao.

Ajang Piala Konfederasi 2013 sendiri menjadi momentum penting yang melambungkan Neymar. Ya, ia ada di jalur menuju status pemain terbaik dunia. Bersinar di Santos, kemudian ditransfer ke Barcelona, lantas menguasai Piala Konfederasi. Akankah momen istimewa ini akan berlanjut dengan penampilan Neymar di perantauan kelak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda