Scroll to Top

FB Bug Ditemukan, Pria Ini Jadi Orang Kaya Baru

By Ibnu Azis / Published on Monday, 01 Jul 2013

Facebook

Sebuah celah keamanan atau bug memang berbahaya. Apalagi jika ditemukan di situs dengan popularitas tinggi. Namun, celah tersebut justru membawa keberuntungan bagi Jack Whitton. Gara-gara temukan FB bug ia kini jadi orang kaya baru atau OKB.

Melansir dari Mashable, Jack Whitton sendiri bukanlah ‘orang sembarangan’. Ia seorang peneliti keamanan jaringan. Imbas dari bug yang ditemukan di jaringan Facebook, ia diganjar jejaring sosial semiliar umat itu dengan uang USD 20 ribu atau hampir sekitar Rp 200 juta.

Menariknya Jack Whitton mengakui jika temukan celah ini secara tidak sengaja. Ketika dirinya sedang beraktivitas di Facebook, tanpa disadari ia menemukan celah ini. Jack Whitton mengetahui cara mengelabui Facebook untuk meminta reset kata sandi pengguna.

Facebook memang mengizinkan pengguna untuk me-reset kata sandinya. Namun, Jack Whitton temukan celah bagaimana meminta reset password untuk pengguna lain. Tak perlu menunggu lama ia kemudian menghubungi social network kondang itu.

Jika dinalar, Jack Whitton sendiri bisa manfaatkan temuannya untuk tujuan negatif. Namun ia urung lakukan itu. Facebook sendiri berikan apresiasi tinggi atas apa yang dilakukan ‘white hacker’ ini.

Sebelumnya, Facebook memang gencar berikan hadiah bagi mereka yang temukan celah di situsnya. Mereka sering mengganjar ‘white hacker’ dengan hadiah tertentu sebagai bentuk apresiasinya.

Tujuannya jelas, agar angka pembajakan dan tindakan apapun itu terkait keamanan siber di Facebook bisa ditekan. Pun juga FB meminta semua pihak untuk duduk bersama meningkatkan keamanan serta privasi pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda