Scroll to Top

10 Layanan Google Populer yang Ditutup Paksa

By Ibnu Azis / Published on Monday, 01 Jul 2013

Google

Hari ini Google resmi menutup Google Reader. Sebuah situs aplikasi reader yang sejatinya banyak pengguna yang tetap ingin layanan ini tersedia. Google bukan kali ini menutup beberapa layanan populer mereka dengan pelbagai alasan dan berikut 10 diantaranya.

10. iGoogle

Layanan ini sebenarnya cukup populer. Kostumisasi homepage yang terdiri dari pelbagai konten mulai email, rss feed, Google Gadget dan Widget serta konten lainnya. Diluncurkan pada Mei 2005 dan menutup usia pada April 2007.

9. Google Talk

Layanan ini tidak murni ditutup. Hanya saja Google menggantinya dengan layanan lain yang dimutakhirkan. Google merilis Google Hangout pada 15 Mei 2013 untuk menggantikannya.

8. Google Reader

Layanan ini menghadirkan fitur rss reader untuk menjelajah konten terpilih di situs atau blog terpilih dengan cepat dan mudah. Pengguna layanan ini cukup loyal dan sangat banyak. Diluncurkan pada Oktober 2011 resmi tutup buku hari ini, 1 Juli 2013 atau esok waktu Amerika Serikat.

7. Google Health

Memungkinkan pengguna untuk mengorganisasikan data kesehata mereka dalam satu lokasi. Dikembangkan pada 24 Juni 2011 dan ditutup pada 1 Januari 2012. Pengguna sendiri masih bisa mengunduh data yang ada hingga 1 Januari 2013 lalu.

6. Picnik

Adalah online foto editor yang diakuisisi Google pada tahun 2010 lalu. Sebelumnya, layanan ini adalah defaut foto editor untuk Flickr. Ditutup pada 19 April 2012.

5. Google Buzz

Tatkala tombol tweet dan like merajalela di jutaan lama web dan blog di internet, Google hadirkan tombol Google Buzz. Sebuah microblogging, jejaring sosial, dan layanan perpesanan yang terintegrasi dengan Gmail. Layanan tidak dilanjutkan mulai 15 Desember 2011.

4. Google Notebook

Sebuah layanan Google yang memungkinkan pengguna menyimpan catatan secara online. Layanan ini tidak dilanjutkan dan digantikan oleh Google Keep (Maret 2013), seklaligus disiapkan untuk menjegal Evernote.

3. Google Dictionary

Layanan kamus online yang berikan manfaat pengguna khususnya pada bidang linguistik ketersediaannya sendiri mulai dihentikan sejak bulan Agustus 2011.

2. Google Wave

Digadang-gadang sebagai jejaring sosial baru dari Google, Google Wave justru tak alami kemajuan pesat. Dirilis pada tahun 2009, Google Wave harus tutup buku pada bulan Agustus 2010 sebelum semua pengguna Google berhasil mencicipinya.

1. Google Answers

Liknya Yahoo! Answers, memungkinkan pengguna mencari jawaban atas pertanyaan yang diajukan ke sesama pengguna Google. Dihentikan layanannya pada bulan Desember 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda