Scroll to Top

Piala Konfederasi 2013 Hasilkan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah

By Wan Faizal / Published on Monday, 01 Jul 2013

Diamanti

Gelaran Piala Konfederasi 2013 di Brazil memang menorehkan beberapa rekor. Salah satunya adalah jumlah gol terbanyak yang pernah tercipta dalam penyelenggaraan Piala Konfederasi. Total jumlah 68 gol tercipta dalam periode 16 Juni hingga 1 Juli 2013 ini. Dan agaknya ucapan “terima kasih” patut diberikan pada Tahiti sehingga rekor tersebut bisa tercipta.

Gelaran pertama Piala Konfederasi yang dulunya bernama King Fahd Cup pada 1992 hanya menghasilkan 18 gol. Maklum saja, saat itu hanya ada empat peserta yakni Arab Saudi selaku tuan rumah, Amerika Serikat, Argentina yang keluar sebagai juara, dan Pantai Gading. Tiga tahun berikutnya, masih dengan nama turnamen yang sama, King Fahd Cup menghasilkan total 19 gol meski jumlah peserta sudah mulai ada penambahan.

Nama Piala Konfederasi baru digunakan pada 1997, masih ada Arab Saudi yang berlaku sebagai tuan rumah. Dalam turnamen yang dimenangi oleh Brazil itu, total ada 52 gol dimana Romario keluar sebagai top skor dengan tujuh golnya. Jumlah yang hingga kini belum ada yang bisa melewati.

Piala Konfederasi berikutnya digelar di Meksiko tahun 1999. Tercipta 55 gol dalam turnamen yang dimenangi oleh tuan rumah tersebut. Ada nama Cuauhtemoc Blanco (Meksiko), Marzouq Al-Otaibi (Arab Saudi), dan Ronaldinho (Brazil) yang sama-sama mencetak enam gol. Namun nama terakhir lah yang akhirnya terpilih sebagai pemenang Sepatu Emas.

Tahun 2001 merupakan turnamen dengan jumlah gol terminim, 31 gol, sejak ditetapkannya delapan peserta. Dua tahun berikutnya, jumlah gol sedikit meningkat dengan penambahan enam gol dibanding turnamen pada 2001.

Gelaran di Jerman pada 2005 berhasil membuahkan 56 gol disaat Afrika Selatan yang menggelar turnamen tahun 2009 tercipta total 44 gol.

Tahiti-Nigeria
Selebrasi gol Tahiti, vs Nigeria

Yang paling fenomenal tentu saja di Brazil 2013. Harus diakui, keberadaan tim semenjana seperti Tahiti membantu terciptanya rekor tersebut. Lihat saja dalam tiga pertandingan yang dilakoni di Grup B melawan Nigeria, Spanyol, dan Uruguay. Total tercipta 25 gol hanya dari tiga pertandingan yang melibatkan Tahiti! Dengan rincian satu gol masuk ke gawang lawan, dan 24 gol lain dicetak oleh pemain lawan.

Menarik untuk dinanti bagaimana perkembangan gol yang tercipta saat Piala Konfederasi berikutnya digelar di Rusia tahun 2017 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda