Scroll to Top

Alienware: Konsol Game Masa Kini Lebih Mirip PC

By Ditya / Published on Monday, 01 Jul 2013
Alienware X51
Alienware X51 versi Linux

Alienware, sebuah produsen penghasil produk komputer dan notebook gaming yang kini menjadi bagian dari Dell menyatakan bahwa konsol masa kini yang diwakili oleh Microsoft Xbox One dan Sony PlayStation 4 semakin mirip dengan PC. Hal ini disebabkan karena kedua konsolini menggunakan basis prosesor x86 dari AMD.

Seperti yang kita ketahui bahwa konsol game Microsoft Xbox One dan Sony PlayStation 4 ini ditenagai prosesor yang sama, yakni AMD custom APU yang mengusung 8 core prosesor Jaguar x86 dengan kecepatan 1,6GHz. Menurut Alienware, hal ini akan membuat konsol game terbaru tersebut lebih mirip sebuah PC ketimbang konsol game.

“Jika Anda melihat apa yang Sony dan Microsoft lakukan, mereka mengambil PC dan menempatkan mereka ke ruang tamu. Menggunakan CPU AMD dan kartu grafis AMD, serta hard drive standar desktop. Sulit dipercaya. Yang memberitahu Anda bahwa PC adalah platform game pilihan, tidak ada di luar sana yang lebih baik. Anda melihat apa yang mereka ‘coba lakukan dan mereka menjadi lebih dan lebih seperti PC,” kata manajer umum Alienware, Frank Azor.

Berbeda dengan konsol generasi terdahulu yang berbeda dengan PC, sebut saja Microsoft Xbox 360 yang ditenagi oleh prosesor triple-core dari IBM PowerPC atau konsol PlayStation 3 yang mengusung prosesor Cell Broadband yang memiliki performa yang cukup tinggi dan tidak kompatibel dengan PC.

Kemiripan perangkat keras yang digunakan oleh konsol game modern seperti Xbox One dan Sony PlayStation 4 dengan PC ini menjadi bahan argumen Alienware yang menunjukkan bahwa PC gaming lebih baik ketimbang konsol game generasi terbaru sekalipun.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (30/06/2013), sebagai produsen PC gaming, Alienware tampaknya memandang konsol game sebagai pesaing dan berusaha menunjukkan bahwa PC gaming belum mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda